Bontang

Alhamdulillah, Masjid Terapung Mulai Dibangun Akhir Agustus

BONTANG – Kabar pembangunan masjid terapung di Kelurahan Loktuan mendapatkan titik terang. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Bontang mengonfirmasi, pembangunan masjid akan dimulai pada akhir Agustus. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR, Edi Suprapto.

Katanya, saat ini tiang pancang yang dibawa dari luar pulau Kalimantan itu telah sampai di Kota Taman. Kapal pengangkut telah berlabuh, dan tengah proses pemindahan ke stock pile-nya. Diperkirakan 80 persen material yang dibutuhkan telah tersedia.

“Prediksi untuk pancang awal akan dimulai akhir bulan ini, agendanya ada seremonial wali kota,” ungkapnya saat ditemui di Kantornya komplek Graha Taman Praja, Jalan Moch Roem, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, beberapa waktu lalu.

Pengerjaan proyek ini akan berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama ini, dijelaskannya hanya tiang pancang hingga struktur masjid saja. Diperkirakan akan selesai hingga Desember mendatang.

Sementara untuk tahap kedua, yakni proses pembangunan parkiran belum diketahui kapan dimulai. Namun diperkirakan akan berlangsung awal 2020. Dananya pun tidak jauh berbeda dengan tahap sebelumnya. “Yang buat mahal itu pancangnya,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan Edi, masjid ini bakal dibangun dalam dua lantai, dengan ukuran 29 x 42 meter. Dengan daya tampung mencapai sekira 400 orang. Pembangunan ini dilakukan sebagai wujud dukungan visi dan misi Pemkot, guna menjadikan Bontang sebagai kota industri yang juga berorientasi pariwisata.

“Rencananya masjid ini bakal menjadi ikon pariwisata religi di Bontang,” terang Edi.

Terkait kendala pembangunan, yang dikhawatirkan yaitu proses alur kapal para nelayan di daerah tersebut. Namun pihaknya telah duduk bersama dengan masyarakat, agar dapat memindahkan kapal-kapalnya yang berlabuh di daerah tersebut dan tidak melintas di dekat kawasan proyek. Untuk mengantisipasi itu juga pihaknya akan memasang rambu-rambu.

“Kita sudah sosialisasi ke masyarakat. Semoga masyarakat mendukung program pemerintah,” harapnya. (Zaenul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button