Ragam

Baru Tahu, Ikut Lomba 17 Agustus Melatih Fungsi Otak Kecil

Pertandingan apa saja yang biasanya Anda ikuti dalam lomba 17 Agustus saat merayakan HUT RI? Ternyata ikut lomba semacam ini bisa melatih fungsi otak kecil, lo.

Lomba 17-an memang seakan sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun di Indonesia. Beraneka jenis lomba biasanya dipertandingkan baik untuk anak maupun dewasa. Ada lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng menggunakan sendok, panjat pinang, balap karung, bakiak, bahkan lomba karaoke, dan lomba meniru pidato Soekarno pun ada.

Tak hanya selebrasi semata, tetapi ikut lomba 17-an memiliki banyak manfaat, loh. Secara sosial, lomba ini dapat meningkatkan kemampuan kerja sama, kemampuan berkomunikasi dengan sesama pemain, kekuatan mental dan emosi, serta menguatkan solidaritas.

Sedangkan secara fisik, ikut lomba 17-an secara umum dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan otak. Salah satu bagian otak yang juga ikut dilatih melalui lomba 17an adalah fungsi otak kecil.

Melatih fungsi otak kecil dengan ikut Lomba 17 Agustus
Otak kecil atau serebelum adalah satu bagian otak yang terletak di kepala bagian belakang, tepat di atas batang otak. Ukurannya memang relatif kecil jika dibandingkan dengan volume otak keseluruhan, tetapi fungsi otak kecil cukup banyak. Di antaranya adalah:

1. Menjaga keseimbangan
Otak kecil memiliki sensor untuk mendeteksi perubahan posisi tubuh. Bila ada perubahan posisi, otak kecil akan mengirim sinyal pada tubuh untuk bergerak, berpindah posisi, atau menggerakkan anggota tubuh demi memelihara keseimbangan tubuh. Selain itu, otak kecil juga membantu menjaga postur tubuh tetap tegak.

2. Koordinasi gerakan
Berbagai gerakan dalam tubuh diatur oleh otak kecil, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Otak kecil memungkinkan tubuh melakukan gerakan-gerakan tersebut dengan mulus tanpa gemetar (tremor).

Selain itu, otak kecil juga berfungsi membantu tubuh belajar gerakan yang memerlukan latihan. Contohnya gerakan bermain alat musik seperti gitar, piano, atau biola, bersepeda, mengendarai kendaraan bermotor, dan sebagainya.

3. Penglihatan
Otak kecil mengatur gerak bola mata dan membantu dalam proses penglihatan.

Bila melihat dari fungsi-fungsi yang disebutkan di atas, otak kecil jelas memiliki peran yang penting dalam tubuh. Karena itu, penting untuk melakukan kegiatan atau latihan yang menjaga fungsi otak kecil tetap prima. Kabar baiknya, kegiatan sederhana seperti lomba 17-an dapat membantu melatih fungsi otak kecil Anda.

Lomba 17-an seperti membawa kelereng menggunakan sendok, bersepeda di atas titian kayu, memasukkan paku yang dililit di pinggang ke dalam botol, atau bermain bakiak adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat melatih fungsi otak kecil.

Lomba-lomba tersebut menuntut pemainnya menjaga keseimbangan, fokus dan perhatian, serta presisi yang merupakan tugas dari otak kecil. Suasana yang ceria saat melakukannya akan membuat Anda tak merasa sedang melatih otak kecil.

Selain ikut dalam lomba 17-an, jangan lupa untuk melakukan kebiasaan lain yang juga baik untuk menyokong fungsi otak kecil Anda. Kebiasaan baik tersebut antara lain mengonsumsi makanan yang baik untuk otak, seperti makanan laut yang mengandung omega-3, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta menjaga asupan air putih. Pastikan Anda juga selalu cukup istirahat setiap hari untuk memulihkan kondisi tubuh setelah ikut lomba 17-an.

Jangan biarkan bulan kemerdekaan ini lewat begitu saja. Jika lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda menyelenggarakan lomba, daftarkan diri Anda sebagai peserta. Kerena tak hanya bisa melepas stres dan bisa menjadi quality time bersama keluarga, tetapi juga bisa sekaligus melatih fungsi otak kecil.(RN/RVS/klikdokter/jpnn)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
JPNN
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button