Bontang

Hore, Bantuan Buku Tulis Didistribusikan Hari Ini

BONTANG – Bantuan perlengkapan sekolah berupa buku tulis telah selesai dikerjakan oleh perusahaan pemenang lelang. Rencananya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang bakal membagikan ke tiap sekolah hari ini.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Saparudin mengatakan, tiap siswa bakal mendapatkan 10 buku. Desain buku pun bercorak obyek wisata di Bontang. Di bagian sampul terdapat kolom untuk pengisian identitas siswa.

“Satu buku isinya 52 lembar. Ukurannya besar sehingga cukup untuk satu mata pelajaran dalam setahun,” kata Saparudin.

Perlengkapan ini dibagikan kepada seluruh siswa di Kota Taman. Totalnya 38.500 pelajar. Mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajatnya. Baik pelajar sekolah negeri maupun swasta.

“Jika diakumulasikan maka total buku tulis yang dibuat yakni 385 ribu eksemplar,” ucapnya.

Diketahui, pemenang lelang ini ialah CV Insan Cita Mandiri. Perusahaan ini berlokasi di Kelurahan Timbau Tenggarong, Kutai Kartanegara. Adapun penawaran mereka sebesar Rp 2,2 miliar.

Saparudin menjelaskan selanjutnya DIsdikbud hanya mendistribusikan sekolah. Pihaknya masih menunggu arahan wali kota sehubungan penyerahan simbolis kepada siswa.

Pendistribusian pun tidak bersamaan dengan bantuan perlengkapan sekolah lainnya. Mengingat keterbatasan personel di Disdikbud.

“Jadi yang sudah selesai langsung kami bagikan. Kalau serentak kami yang kewalahan,” tutur dia.

Pun demikian proses lelang tas sekolah pun telah selesai. Saat ini perusahaan pemenang lelang yakni PT Central Global Mandiri sedang melakukan tahapan pengiriman barang.

“Tas masih dikirim dari Jakarta ke Bontang dalam dua kontainer,” terangnya.

Perusahaan tersebut menawar dalam proses lelang sejumlah Rp 4,8 miliar. Dari Pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 5,3 miliar. Setelah datang nanti proses pendistribusian bakal dilakukan.

Perlengkapan sekolah lainnya berupa seragam masih dalam pengerjaan. Saparudin menjelaskan bantuan ini diprediksi selesai pada Oktober mendatang.

“Masih dikerjakan oleh PT Panderman Jaya. Perusahaan ini berlokasi di Pulogadung, Jakarta Timur,” jelasnya.

Jumlah produksinya sama dengan dua perlengkapan di atas. Rinciannya, 20.354 unit untuk pelajar jenjang SD dan sederajatnya, 9.574 unit untuk SMP, 7.885 jenjang SMA, 687 unit khusus untuk pelajar SMKN 2.

Perusahaan tersebut memenangkan proses lelang dengan penawaran Rp 4,8 miliar. Dari pagu anggaran Rp 6,2 miliar yang dikucurkan Pemkot Bontang.

Terakhir, bantuan sepatu sekolah masih dalam proses pelelangan. Saparudin tidak dapat memprediksi durasi penyelesaian perlengkapan ini. Bergantung dengan kesanggupan perusahaan pemenang tender.

Berdasarkan data dari Layanan Pengadaan Secara Elktronik (LPSE) Bontang, lelang ini telah dimenangkan oleh CV Ary Partha. Perusahaan ini beralamat di Gianyar, Bali. Dengan penawaran sebesar Rp 6,2 miliar. Dari pagu anggaran sejumlah Rp 6,8 miliar.

Namun, perusahaan tersebut belum berkontrak. Lantaran tahapan proses lelang belum memasuki masa sanggah. (ak/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Prokal
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button