BontangDPRD Bontang

Gerak Cepat, Lima Fraksi DPRD Bontang Terbentuk

BONTANG – Empat hari usai dilantik menjadi anggota DPRD Bontang periode 2019-2024, para wakil rakyat ini langsung bergerak cepat menunaikan kerjanya. Melaksanakan Rapat Paripurna masa sidang pertama, yakni pembentukan fraksi jadi tugas perdana.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Bontang, Jalan Moch Roem Senin (19/8/2019), dipimpin langsung Ketua Sementara DPRD Bontang, Nursalam didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD, Junaidi dan diikuti 23 anggota dewan lainnya.

Dijelaskan Nursalam, pembentukan fraksi tertuang dalam pasal 109 ayat 1, Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014. Untuk mengoptimalkan fungsi tugas dan wewenang DPRD, termasuk hak dan kewajibannya.

Persyaratannya, setiap anggota dewan harus menjadi salah satu anggota fraksi. Tiap fraksi di DPRD paling sedikit beranggotakan sesuai dengan jumlah komisi di DPRD Bontang. Sementara itu, jumlah komisi di DPRD Bontang saat ini ada tiga.

Jika jumlah anggota partai politik di DPRD tidak mencapai sesuai jumlah komisi, diperkenankan bergabung dengan fraksi lainnya. Paling banyak bergabung dengan dua partai lainnya. Usai dibentuk, hasilnya diberikan ke pimpinan DPRD, untuk diumumkan pada paripurna. “Paling lama pembentukan fraksi satu bulan sesudah pelantikan,” ucap politisi Golkar ini.

Tidak membutuhkan waktu lama. Salam—sapaan akrabnya- membacakan susunan pengurus dari 5 fraksi yang terbentuk. Yaitu Fraksi Golkar bersama Nasdem yang beranggotakan Ketua Muslimin (Partai Golkar), Sekretaris Faisal (Nasdem) dengan beranggotakan 7 orang. Kedua, Fraksi PKB Persatuan, Perjuangan, yang menyerahkan puncak pimpinan kepada perempuan yaitu Sitti Yara (PKB), didampingi Wakil Ketua, Maming dan Sekretaris Sumaryono.

Selanjutnya Fraksi Amanat Nurani Rakyat (ANUR) yang merupakan gabungan Partai Amanat Nasional dan Hati Nurani Rakyat (Hanura), dipimpin oleh Ridwan (PAN), dan Sekretaris Rusli (Hanura). Berikutnya Fraksi PKS yang diketuai Abdul Malik, dan Sekretaris Suharno.

Terakhir, yakni Fraksi Gerindra bersama Berkarya, kembali diketuai oleh perempuan yaitu Etha Rimba Paembonan (Gerindra), Wakil Ketua Amir Tosina (Gerindra), dan Sekretaris Raking (Berkarya). “Terima kasih telah hadir dalam rapat paripurna ini, besok (hari ini, Red.) akan dilaksanakan rapat terkait tatib (Tata tertib),” ujarnya. (Zaenul)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button