Ragam

Spider-Man Keluar dari MCU, Sony Banjir Hujatan

Hashtag #BoycottSony dan #SaveSpiderMan Ramai

Para pecinta film tengah dikejutkan dengan kabar Spider-Man tidak akan lagi tergabung dalan saga Marvel Cinematic Universe (MCU) lantaran konflik yang terjadi antara Sony dan Disney. Para penggemar film si manusia laba-laba pun sontak bereaksi di dunia nyata maupun dunia maya.

Persoalan ini memang cukup pelik. Perlu diketahui, franchise film Spider-Man saat ini dimiliki oleh dua perusahaan raksasa, yakni Sony dan Disney yang notabene merupakan induk Marvel Studios.

Singkat cerita, Sony yang merupakan pemilik asli dari franchise Spider-Man beberapa tahun lalu bersedia meminjamkan alter ego Peter Parker tersebut kepada Disney untuk bergabung ke dalam MCU. Hal ini pun jelas membuat para pecinta film Marvel girang karena akhirnya mereka bisa menyaksikan Spider-Man beraksi bersama superhero lainnya.

Namun, peminjaman tersebut juga diikat oleh perjanjian lain, di mana Sony tetap memegang kendali atas Spider-Man dalam film solo yang dirilis, sementara Disney baru boleh campur tangan ketika Spider-Man bermain di film superhero garapan Marvel Studios.

Dari persetujuan ini jugalah akhirnya lahir dua film anyar Spider-Man: Homecoming dan Spider-Man: Far From Home. Dibintangi oleh Tom Holland, Spider-Man juga muncul di tiga film lain, yakni Captain America: Civil WarAvengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame.

Polemik mulai muncul saat Spider-Man: Far From Home meraih kesuksesan luar biasa di pasaran. Menyentuh pendapatan 1,1 miliar dolar, film ini menjadi film terlaris yang dikeluarkan Sony sepanjang masa.

Baca Juga:  Pertahankan Bahasa Daerah Lewat Film

Dilansir dari Screen Rant, Sony dan Disney mulai bersitegang ketika Sony menolak tawaran bagi hasil 50-50 dari Disney. Alasannya memang cukup kuat karena berdasarkan perjanjian yang sudah disebutkan di atas, Sony punya hak penuh atas setiap film solo Spider-Man.

Sementara, Disney punya posisi tawar yang sangat kuat untuk mengajukan bagi hasil 50-50. Pasalnya, Disney adalah perusahaan yang ‘menyelamatkan’ Spider-Man setelah dua saga pendahulunya, yakni tiga seri Spider-Man (dibintangi Toby Maguire, Red) dan dua seri reboot The Amazing Spider-Man (dibintangi Andrew Garfield, Red) tidak dilanjutkan.

Spider-Man yang ada sekarang boleh dibilang merupakan hasil dari buah pemikiran kreatif Disney hingga ia bisa bergabung di MCU tanpa plot yang terkesan maksa. Melihat jasa tersebut, Disney sebetulnya pantas mendapatkan bagian yang sama besar.

Baca Juga:  Deepika Padukone Pecahkan Rekor

Sayang, kedua pihak tidak menemukan jalan tengah. Sony bersikeras menolak tawaran Disney dengan azas perjanjian, sementara Disney sudah tidak mau mengikutinya. Kedua label ini pun berpisah.

Ini berarti, Spider-Man akan kembali bertualang sendiri di film-film selanjutnya. Ia tidak akan terafiliasi lagi dengan semua tokoh Avengers.

Kabar ini pun jelas membuat para penggemar kecewa. Di dunia maya, tagar #BoycottSony dan #SaveSpiderMan pun langsung ramai. Sony kena hujat habis-habisan dari penggemar yang tidak rela Spidey kembali terasingkan dari MCU seperti dua saga sebelumnya. Deretan tweet serta meme lucu hingga ofensif pun menghiasi lini masa Twitter dan Instagram.

Aktor Jeremy Renner, yang memerankan Hawkeye dalam Avengers, pun ikut gerah. Lewat unggahannya di Instagram, ia meminta Sony segera mengembalikan Spider-Man ke MCU.

Baca Juga:  Reborn Lagi, Warkop Milenial Pakai Pemain dan Sutradara Baru

“Hey, Sony. Kami mau Spider-Man kembali. Terima kasih,” ujar Renner singkat. Unggahan itu mendapatkan lebih dari 500 ribu like dan lebih dari 11 ribu komentar.

Belum diketahui lebih lanjut apakah Sony dan Disney akan kembali duduk bersama demi melihat Spider-Man berayun lagi di MCU.(jpc)

Sumber
Jawa Pos
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close