Nasional

Hari Ini, Presiden Jokowi Akan Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

Simpang siur lokasi Ibu Kota baru akan segera terungkap ke publik secara resmi. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi ibu kota baru hari ini, Senin (26/8/2019).

Pengumuman ibu kota pengganti Jakarta ini diketahui dari video yang diunggah Sekretariat Presiden hari ini berjudul ‘Upcoming LIVE Presiden Jokowi mengumumkan ibu kota baru’. Di akhir video berdurasi satu menit itu disampaikan pengumuman ibu kota baru akan disiarkan secara langsung oleh akun tersebut.

Sementara, di awal video diperlihatkan Presiden Jokowi yang meminta izin pemindahan ibu kota saat pidato nota keuangan dan RAPBN 2020 di Sidang Tahunan DPR, Jumat (16/8/2019) lalu.

“Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke pulau Kalimantan,” demikian cuplikan pidato Jokowi itu, dikutip dari video, Senin (26/8/2019).

Rencananya, pengumuman ibu kota baru akan dilaksanakan di Istana Negara pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri ATR Sofyan Djalil sempat mengungkapkan lokasi ibu kota baru akan berada di Kalimantan Timur. Presiden Jokowi, meski tak menyanggahnya, namun menyebut masih ada dua kajian lagi yang ditunggu terkait lokasi ibu kota baru dan menunggu semua pihak untuk bersabar. Sofyan pun akhirnya mengklarifikasi pernyataannya.

Beberapa waktu lalu, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro juga bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara untuk menyerahkan hasil kajian tersebut. Dan hari ini, tibalah waktu Presiden Jokowi akan mengumumkan lokasi tersebut. (Kumparan)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Kumparan
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button