Pemkot Bontang

Wali Kota: Pelatihan Penting untuk Bekal Calon Tenaga Kerja

Pelatihan Bantuan Program BLK Samarinda dan Perusahaan

BONTANG – Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni membuka secara resmi Pelatihan Bantuan Program yang diikuti ratusan peserta, di Pendopo Rumah Jabatan, Senin (9/9/2019).

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bontang, BLK Samarinda dan beberapa perusahaan di Kota Taman ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, serta menanggulangi pengangguran.

Dikatakan Neni, kegiatan ini merupakan kerja sama pemerintah untuk membangun SDM Bontang yang berkualitas, yang dapat menjadi SDM yang mandiri.

“Melalui Pelatihan Bantuan Program ini, saya harap para peserta pelatihan dapat sungguh-sungguh menjalani proses belajar mengajar, mengasah skil dan berharap akan melahirkan tenaga kerja yang andal dan menciptakan lapangan kerja secara mandiri,” ujarnya.

Dilanjutkan Neni, pelatihan ini sangat sejalan dengan Visi Kota Bontang yaitu menguatkan Bontang sebagai Kota Maritim, berkebudayaan industri yang bertumpu pada kualitas SDM dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat.

“Program pelatihan seperti ini sangat diperlukan untuk membekali calon tenaga kerja memasuki dunia kerja. Selain itu meningkatkan kemampuan masyarakat yang membutuhkan berbagai keterampilan. Ini menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengurangi angka pengangguran,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Neni menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan secara serius dan sungguh-sungguh dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan. Karena kata dia, pelatihan ini lebih menekankan pada praktik yang kelak akan menjadi modal dalam memasuki dunia kerja.

“Saya yakin dan percaya bahwa dengan mendapat pelatihan ini, saudara nantinya akan dapat menjadi orang yang sukses. Semoga dengan kerja sama pelatihan dan pemagangan ini kemampuan SDM di Bontang dapat meningkat dan berkembang,” katanya.

Pada kesempatan ini, dilakukan juga penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Wali Kota Bontang dan pihak perusahaan. “Terima kasih pula kepada perusahaan di Kota Bontang yang sudah peduli dengan putra daerah. Kami bersyukur di Bontang dipenuhi perusahaan dan anak perusahaan yang sangat peduli,” tukasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BLK Samarinda Andri Susila, Kadisnaker Ahmad Aznem, perwakilan perusahaan di Kota Bontang seperti PT Pupuk Kaltim, PT KMI, PT Indominco Mandiri, serta Badak LNG, hadir pula camat, lurah, perwalikan LPK, dan peserta pelatihan. (hms9)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button