Kaltim

Kabut Asap Landa Kaltim, Penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Masih Aman

BALIKPAPAN- Kabut asap yang menyelimuti Kota Balikpapan sejak Senin lalu, rupanya belum berdampak pada penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan hingga saat ini. Hal ini dipastikan oleh General Manager (GM) Angkasa Pura 1 Balikpapan.

GM AP1 Farid Indra Nugraha mengatakan, khusus di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan kabut asap yang terjadi belum parah dan mengganggu jadwal penerbangan yang ada.

“Sampai saat ini belum ada penundaan penerbangan di kami,” ujarnya, Rabu (11/9).

Lanjut Farid, jadwal penerbangan yang mengalami gangguan berada di bandara Melak dan Berau. Namun, kondisi tersebut sempat mengganggu manajemen delay dan dirasakan oleh Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga.

“Dari yang masuk ada, seperti dari Melak dan Berau meraka enggak bisa memberangkatkan dan memasukkan. Jadi terganggu dan delay,” ujarnya.

Khusus di Kalimantan Timur saat terjadi gangguan dari kabut asap ini, ada tipe pesawat dan pilot yang tidak mempermasalahkannya. Pasalnya didukung oleh teknologi serta jam terbang sang pilot.

“Masing-masing tipe pesawat berbeda ada yang visual dan instrumen. Begitu juga dengan pilotnya jadi tidak bisa disamaratakan untuk menghadapi dampak kabut asap,” jelasnya.

Saat disinggung soal delay yang dialami oleh bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin terhadap dampaknya di Balikpapan, Farid menyatakan jika Balikpapan sempat terkena dampaknya juga.

“Sempat ada sedikit delay saat penerbangan ke Banjarmasin. Di sana juga enggak bisa ngapa-ngapain,” terangnya.

Seperti diketahui, saat ini di sebagian wilayah di Kaltim memang dilanda kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan. (pro/one/prokal)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Sumber
Prokal
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button