Bontang

Buaya Penerkam Warga di Badak LNG Ditangkap

BONTANG – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim berhasil menangkap tiga ekor buaya di wilayah sekitar Badak LNG. Salah satunya merupakan buaya yang menggigit seorang warga di kolam golf milik perusahaan gas alam tersebut, beberapa hari lalu.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Kaltim, Rido memaparkan sebelum ditangkap, BKSDA terlebih dahulu melakukan survei di tempat diterkamnya seorang warga dan sekitar perairan Pantai Marina Badak LNG selama lima hari, mulai Sabtu-Rabu (14 -18/9). Dengan menerjunkan tim sebanyak 5 orang.

Alhasil, Sabtu (21/9/2019) malam diamankan buaya jantan yang diklaim telah menyerang Sakiyah di Kolam Hole 10 Badak LNG. Ukurannya, panjang 2,60 meter dan lebar perut 30 sentimeter. Tidak hanya satu, Minggu (22/9/2019) malam, tim kembali berhasil menangkap dua buaya jantan lagi. Masing-masing berukuran panjang 3,05 meter, lebar perut 40 meter dan berukuran panjang 2,24 meter serta lebar 30 cm.

Baca juga: Cari Kangkung, Warga Berebas Tengah Diterkam Buaya

“Penangkapannya dengan dua metode, dijaring dan harpun. Tidak dipancing karena berbahaya untuk keselamatan buaya,” ungkapnya.

Penangkapan buaya ini dilakukan, lantaran melihat kondisi tempat reptil berbadan besar itu berada dekat dengan aktivitas warga. Sehingga rawan terjadinya konflik antara manusia dan hewan tersebut. “Di kawasan itu ada pekerja seperti security yang menjaga dan karyawan lain,” ucapnya.

Buaya yang berhasil diamankan dari kolam Golf Badak LNG. (BKSDA for Bontangpost.id)

Buaya tersebut kemudian diamankan dengan cara diikat mulutnya, ditutup matanya, dan disimpan di bawah pohon dengan penjagaan tim. Rencananya, buaya itu akan dibawa ke kantor BKSDA di Samarinda untuk dirundingkan, apakah akan dilepaskanliarkan kembali di wilayah yang tidak rawan terjadi konflik dengan manusia seperti di muara, atau dikirim ke balai konservasi.

Baca juga: Buaya Penghuni Kolam Hole 10 Itu Mau Dipindah

“Menunggu perintah dari atasan dulu,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, salah satu warga Jalan Zambrud RT 47 Berebas Tengah, Sakiyah (55) menjadi korban terkaman buaya. Ia pergi untuk memetik daun kangkung. Nahasnya, seekor buaya tiba-tiba menerkamnya hingga mengalami luka serius di beberapa bagian tubuhnya.

Muhammad Khaidir Ali yang pertama kali melihat korban tergeletak di pinggir kolam menuturkan, korban sempat berteriak meminta tolong. Namun suaranya tak begitu kedengaran. Beruntung posisi Khaidir bersama seorang kawannya hanya berdekatan dengan Sukiyah.

Setelah melihat korban dalam keadaan luka parah, Khaidir pun segera meminta pertolongan ke rumah warga lainnya yang tak jauh dari tempat kejadian. Setelah meminta bantuan itu, warga menuju lokasi kemudian membawa korban ke RS Badak LNG. (Zaenul)

Apa Reaksi Anda?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close