Pemkot Bontang

Pemkot Apresiasi Pupuk Kaltim, Pembayar PBB Terbesar dan Paling Tepat Waktu

Pupuk Kaltim terima penghargaan pembayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terbesar dan paling tepat waktu dari Pemerintah Kota Bontang, untuk periode 2019. Penghargaan diterima Superintendent Pajak dan Asuransi Departemen Keuangan Pupuk Kaltim Agung Prihandono, dari Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni didampingi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sigit Alfian, pada Gebyar Bayar Pajak Bumi dan Bangunan di Halaman Kantor Bapenda Bontang, Kamis (26/9/2019) pagi.

Diungkapkan Sigit Alfian, penghargaan ini merupakan apresiasi Pemkot Bontang kepada Pupuk Kaltim sebagai perusahaan dengan kontribusi PBB paling signifikan setiap tahun, serta pembayaran pajak tepat waktu dan lunas tanpa tunggakan.

“Penghargaan ini spesial bagi Pupuk Kaltim, karena telah membantu Pemkot Bontang mendorong terwujudnya tujuan otonomi daerah dengan membayar pajak tepat waktu,” ujar Sigit.

Menurut dia, sesuai Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, tertuang 3 misi untuk mewujudkan kemandirian daerah. Di antaranya meningkatkan kualitas hidup masyarakat (quality of life), aturan yang jelas dan penegakan hukum yang adil (rule of law and law enforcement), serta pembangunan berkelanjutan (sustainability development).

Salah satu upaya menuju hal tersebut bisa dicapai melalui realisasi dan peningkatan target pajak daerah, yang disiasati Pemkot Bontang dengan terus mendorong seluruh perusahaan maupun wajib pajak potensial membayar kewajiban tepat waktu.

“Dan penghargaan ini upaya memotivasi seluruh wajib pajak membayar kewajiban lebih tepat waktu,” tambah Sigit.

Wali Kota Neni Moerniaeni pun memberi apresiasi Pupuk Kaltim, yang telah membayar PBB tepat waktu tanpa tunggakan. Dikatakannya, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui gerakan sadar membayar pajak, untuk mendorong pembangunan berkelanjutan dalam mewujudkan kemandirian daerah.

Neni turut mengimbau seluruh perusahaan maupun wajib pajak lain dapat membayar kewajiban sesuai aturan dan jangka waktu yang ditetapkan. Khususnya pada gebyar bayar PBB mulai 26 September hingga 20 November mendatang.

“Semoga perusahaan lain di Bontang bisa mengikuti langkah Pupuk Kaltim yang senantiasa membayar kewajiban pajaknya tepat waktu,” ucap Neni.

Sementara Agung Prihandono, mengatakan Pupuk Kaltim berkomitmen membayar kewajiban pajak kepada Pemerintah dengan tepat waktu tanpa tunggakan, wujud kontribusi perusahaan mendorong pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Tahun ini Pupuk Kaltim membayar PBB senilai Rp27,7 Miliar, dihitung berdasarkan luas lahan dan bangunan milik perusahaan melalui kajian dan analisa bersama Pemkot Bontang. Selain itu Pupuk Kaltim juga rutin membayar PPH, Pajak Retribusi Air Bawah Tanah, dan Pajak Penerangan Jalan dengan tepat waktu.

“Penghargaan ini juga motivasi bagi Pupuk Kaltim dalam mendorong seluruh stakeholder perusahaan membayar kewajiban pajak tepat waktu,” tutur Agung Prihandono.

Pada kesempatan itu Pemkot Bontang juga memberi penghargaan kepada sejumlah anak perusahaan Pupuk Kaltim, yang turut membayar PBB tepat waktu. Di antaranya PT Kaltim Industrial Estate (KIE) dan PT Kaltim Nusa Etika (KNE). (*/adv)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button