Bontang

Kodim 0908 Bontang Bedah Tiga Rumah, Tanamkan Gaya Hidup Bersih

BONTANG – Kodim 0908/Bontang kembali meringankan beban warga sekitar. Kali ini diwujudkan dengan merenovasi sebanyak tiga rumah warga tidak layak huni yang berada di wilayah teritorinya.

Dandim 0908/Bontang, Letkol Arm Eko Pristiono menerangkan rumah tersebut masing masing berada di Bontang, Muara Badak, dan Anggana.

“Dilaksanakan dalam rangka HUT ke-74 TNI berkolaborasi dengan HUT ke-20 Kota Bontang,” ungkapnya.

Dalam memugar rumah warga ini, semuanya dikerjakan oleh TNI. Disebutkannya, anggota yang diturunkan dalam setiap rumah yaitu sebanyak 8 orang prajurit. Waktu yang dibutuhkan dalam memperbaiki hingga selesai hanya 7 hari.

“Kalau yang di Muara Badak itu kurang dari seminggu, karena ada beberapa saja yang direnovasi,” katanya.

Baca Juga:  Peringatan HUT Kodam Mulawarman, Kodim 0908 Bontang Gelar Gowes Malam

Dia menyebutkan sebenarnya ada beberapa rumah yang dianggap perlu dibenahi. Namun yang prioritas dan masuk kriteria pihaknya yaitu tidak layak huni, merupakan warga tidak mampu, dan berdiri di tanah sendiri, adalah ketiga rumah tersebut.

“Sebelum pembukaan, saya bersama Danramil dan Babinsa melakukan survei, saya tinjau dan dinyatakan ini layak direnovasi,” ucapnya.

Selain ingin memperbaiki, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi warga tersebut untuk dapat menjaga kebersihan di rumahnya hingga lingkungan sekitarnya.

“Jadi nanti dia bercerita ke orang, Sehingga masyarakat Bontang akan menjaga kebersihan,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini bukan pertama kali dilakukan, melainkan rutin dilakukan pihaknya lakukan setiap tahun. Ke depannya akan terus ditingkatkan agar mewujudkan Bontang yang bebas dari permukiman yang tidak layak huni.

Baca Juga:  Bukber dengan Insan Pers, Dandim Eko Pristiono Ajak Beri Edukasi ke Masyarakat

“Tahun ini satu, tahun depan bisa dua, dan selanjutnya tiga,” harapnya.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, pihaknya menggandeng beberapa pihak di antaranya Pemerintah Kota Bontang, serta menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan sekitar.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Bontang, Ahmad Rifai mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0908/Bontang ini, karena sinergi dengan program pemerintah dalam mewujudkan Kota Taman bebas dari kawasan kumuh. “Kegiatan ini bagus sekali,” ucapnya.

Pemilik rumah, Nirmala Dewi mengatakan banyak terima kasih kepada TNI yang telah membenahi rumahnya lebih baik dari sebelumnya. Dengan begitu kini dia dan keempat anaknya dapat tinggal di rumah yang layak. “Terima kasih banyak kepada Kodim dan Pemkot Bontang,” ujarnya. (Zaenul)

Baca Juga:  Catut BPBD Bontang, Kirim Surat Hoaks ke Dandim 0908
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close