Bontang

Gondol Komputer Kantor Desa, Dua Pria Ini Diringkus

BONTANG -Dua pria di Muara Badak diringkus jajaran Polres Bontang atas kasus pencurian perangkat komputer aset kantor Desa Suka Damai. Mereka diamankan di hari berbeda, setelah pelaku YH (32) lebih awal diciduk, Senin (7/10/2019).

YH telah mencuri satu unit layar monitor merek asus beserta keyboard. Laporan kepada polisi terus dikembangkan, hingga mengarah ke pelaku tersebut. Bahkan, aset yang dicurinya itu sempat ditawarkan ke warga untuk dijualnya.

Tak sempat laku, kecurigaan warga muncul lantas dilaporkan ke pihak berwajib. Pelaku yang merupakan warga Jalan Poros Bontang- Desa Badak Mekar, itu tak berkutik saat beberapa petugas meringkusnya.

“Petugas lebih dulu ke TKP, kemudian mengamankan tersangka,” jelas Kasubag Humas Polres Bontang, Iptu Suyono.

Berselang dua hari, pelaku berikutnya juga diamankan, yakni DA (29). Hal itu berdasarkan pengembangan dari pelaku sebelumnya. Suyono menjelaskan, petugas berhasil mengamankan setidaknya delapan unit CPU.

Baca Juga:  Pencuri 37 Accu Sollar Cell Dibekuk

“Berdasarkan keterangan YH, bahwa pernah disuruh DA untuk menjualkan perangkat komputer,” terangnya.

Hasil pengembangan itu lah, polisi berhasil mengamankan DA di rumahnya, Jalan Poros Samarinda – Bontang, Desa Suka Damai, Kecamatan Muara Badak, Kukar, Rabu (9/10/2019). Dari delapan unit CPU, tujuh lainnya sudah dijual.

“Pelaku DA juga mengakui barang itu diambil dari Kantor Desa Suka Damai. Artinya masih ada hubungannya dengan pelaku pertama,” sebutnya.

Pria berpangkat balok dua itu menerangkan, para pelaku kerap menjual hasil curiannya itu kepada orang yang tidak dikenal. Tentu ini menjadi salah satu cara agar tak mudah diketahui tindak kejahatan yang mereka lakukan.

Kasus ini telah ditangani Polsek Muara Badak. Pelaku dan barang bukti telah diamankan untuk menjalani proses lebih lanjut. Sementara penyidik menjeratnya pasal 362 KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara. (*/rsy/prokal)

Baca Juga:  Polisi Buru Tersangka Travel Bodong
Sumber
Prokal
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close