BontangFeature

Belajar Vokal dari Situs Video, Anak Bontang Menoreh Prestasi di Tingkat Nasional

Keberadaan ponsel pintar dengan dilengkapi paket data internet sudah menjadi konsumsi anak milenial saat ini. Digunakan untuk mengunggah foto, pasang status di media sosialnya, hingga bermain.

Berbeda dengan anak sebayanya, perempuan bernama Aqillah Rachil Zahrana Rustam ini menggunakan ponselnya untuk belajar mengolah vokalnya. Hingga akhirnya dapat mengharumkan nama Bontang di kancah nasional, dengan berhasil meraih Juara Harapan 3 Vokal Solois di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Perempuan yang mengidolakan Agnes Monica ini sudah jatuh cinta dengan dunia musik sejak dia kecil. Berawal dari menonton video artis favoritnya dan vokalis lainnya di salah satu situs video terbesar di dunia, membuatnya ingin memiliki suara yang enak didengar.

Sebab itu, setiap kali ibunya memberikan waktu memegang ponsel pada Sabtu dan Minggu, dimanfaatkan betul anak dari pasangan Rustam dan Wahyu Sugiarti untuk menonton artis idolanya, sambil bernyanyi mengolah suaranya. Selain itu dia juga browsing pelatih musik terkenal. Untuk mengetahui teknik vokal dan membentuknya.

Hingga akhirnya, ketika memasuki Taman Kanak-kanak (TK), suaranya diuji. Dia tampil pada ajang lomba yang diadakan suatu komunitas. Berkat kerja keras, ketekunan, dan disiplin dalam berlatih secara autodidak, juri terpesona dengan suara merdunya. Ia pun mendapatkan nilai tertinggi dari ajang tersebut.

Baca Juga:  LUAR BIASA!!! Badak LNG Raih Proper Emas Tujuh Kali Berturut-turut 

“Awal pas TK B di Koperasi juara 1,” ungkapnya saat ditemui Bontangpost.id di kediamannya.

Melihat prestasinya tersebut, saat masuk SD Vidatra, ia disodorkan untuk mengikuti lomba FLS2N tingkat Kota Bontang. Kepercayaan tersebut dibayar tuntas oleh Rachil. Di ajang tersebut, suara tinggi perempuan yang saat itu duduk di kelas 1 ini membenamkan lawan– lawannya. Yakni keluar sebagai juara 1 tingkat kota.

Torehan prestasi itu terus berlanjut hingga di tingkat provinsi. Di ajang yang sama, gadis tersebut kembali menyabet peringkat 1. Alhasil, berkat suara emasnya itu, dia mewakili Kaltim ke tingkat nasional dan keluar sebagai Juara Harapan 3.

“Tahun depan bakal ikut FASI (Festival Anak Saleh Indonesia),” ucapnya.

Baca Juga:  SD 2 YPK Siap Dinilai, Tim Penilai LSS Nasional 2017 Tiba di Bontang

Kini, suara emasnya itu pun diminati oleh khalayak ramai. Terbukti, anak dari legislator Bontang ini dipanggil untuk memeriahkan berbagai acara. Seperti pentas seni sekolah hingga perayaan HUT Kota Bontang yaitu Bontang City Carnival. Ke depan, perempuan yang bercita-cita menjadi penyanyi ini berkeinginan mengadu vokalnya di ajang pencarian bakat.

Bakat yang dimiliki Rachil ini tidak hanya di bidang tarik suara saja. Dalam bidang akademik, Rachil juga terus mencatat prestasi. Dari kelas 1 hingga 4 SD, dia selalu masuk 10 besar. Perempuan yang mencintai pelajaran matematika ini sadar betul, talentanya itu harus dibarengi dengan pengetahuan lainnya. Sebab itu dia terus rajin belajar dan mengikuti pelajaran tambahan di luar sekolah, di antaranya IPA, Matematika dan Bahasa Inggris.

“Pernah peringkat 2 dan 3, Matematika itu dapat 100,” ucapnya.

Ayah Rachil, yang merupakan anggota DPRD Bontang, Rustam mengakui bangga dengan keberhasilan anaknya tersebut. Diusia yang masih belia dia dapat mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Sebab itu dia selalu mendukung bakat yang dimiliki oleh anak perempuannya ini. Bahkan dia berencana akan menghubungi pelatih vokal Indonesia terkenal, Bertha. Untuk melatih vokal anaknya agar lebih baik lagi.

Baca Juga:  Bontang Raih Beberapa Penghargaan 

“Kakak (panggilan Rachil, Red.) ini mentalnya bagus dan suaranya tinggi,” puji Rustam.

Dia juga bangga bahwa selama ini anaknya itu tidak hanya tekun di dunia musik, akan tetapi keinginannya belajar juga sangat kuat. Rustam bercerita, dari pagi sudah berangkat ke sekolah, pulang dari sekolah lanjut lagi menambah jam belajar dan mengaji hingga sore hari. Oleh sebab itu dia mengizinkan anaknya itu tetap bernyanyi.

“Alhamdulillah walaupun dia berhari-hari meninggalkan pelajaran untuk ikuti lomba, tapi tetap nilainya bagus,” tambahnya.

Dia mengharapkan agar Pemkot maupun Provinsi dapat lebih menghargai talenta berbakat seperti anaknya tersebut. Dengan mengundang untuk tampil di kegiatan yang dilaksanakan pemerintah. (Zaenul)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close