Bontang

Kebanjiran, Empat KK di Gunung Telihan Dievakuasi

BONTANG – Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sejak pagi hingga siang, Sabtu (09/11/2019), membuat sebagian wilayah Bontang terendam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang Ahmad Yani menerangkan sejumlah rumah di Kelurahan Gunung Telihan terendam hingga 50 cm.

Sebanyak empat Kepala Keluarga (KK) harus dievakuasi ke rumah keluarganya. Daerah tersebut memang menjadi langganan banjir, karena merupakan daerah rendah. “Tidak sampai sepuluh rumah yang terendam,” ucapnya.

Selain Kelurahan Gunung Telihan, ada juga beberapa titik yang terendam air. Seperti di Kelurahan Guntung. Tetapi hanya naik di badan jalan. “Kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan,” katanya.

Jumlah ini diakui telah berkurang dari sebelumnya dengan kondisi cuaca yang sama menerpa Kota Taman. Pasalnya Pemkot Bontang telah melakukan normalisasi sungai sejumlah titik di Sungai Guntung dan Sungai Bontang. Serta gencar melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan. “Ini berkat sejumlah sungai telah di keruk,” ucapnya.

Pihaknya sejak pagi telah turun ke lapangan untuk membantu warga yang terendam banjir. Dengan menurunkan 40 orang personel dan menyediakan perahu karet sebanyak 7 unit terdiri dari 3 unit milik BPBD dan 4 milik kecamatan dan kelurahan. “Personel melakukan patroli untuk memantau banjir dan perahu ditempatkan di beberapa titik,” ujarnya.

Dia menghimbau kelurahan dan kecamatan untuk tetap siaga. Pasalnya pihaknya memantau air di kawasan Kilometer 8 sudah naik. Sehingga jika hujan kembali turun di hulu sungai, diprediksi kembali banjir. “Ya, begadang saja di pos ronda,” imbaunya. (Zaenul)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close