Bontang

Walaupun Tak Lagi Bergabung BPBD, Disdamkartan Tetap Berikan Penyuluhan

BONTANG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang  tetap memberikan penyuluhan pencegahan musibah kebakaran kepada warga. Ini dilakukan meski saat ini Disdamkartan tidak lagi bergabung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang. Yang mana  kala itu, petugas pemadam kebakaran di bawah naungan BPBD, aktif memberikan penyuluhan gratis kepada warga yang melakukan permohonan.

Kepala Disdamkaratan Bontang, Mohammad Yani menjelaskan, setelah Disdamkartan berdiri sendiri,  pihaknya tetap memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Namun saat ini progam tersebut masih disusun dan dipelajarinya bersama jajaran pejabat struktural, karena melihat banyaknya anggota yang baru masuk merupakan gabungan beberapa dinas di Bontang.

“Kegiatan tersebut sangat spesifik dan berbeda dengan hal yang lain, maka itu sebelum dilakukan penyuluhan, anggota harus paham dulu teknik dalam mencegah resiko yang terjadi,” jelasnya, Rabu (22/2) kemarin.

M Yani mengatakan, penyuluhan tersebut juga sudah dibahas di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Ternyata warga sangat antusias, dengan keberadaan, manfaat, dan antisipasi yang  dilakukan petugas pemadam kebakaran. Melihat hal tersebut, pihaknya pun akan menyusun program-program terobosan yang inovatif ke depan.

“Pada dasarnya kami akan melakukan penyuluhan di SMP, SMA bahkan melibatkan ketua RT dalam kegiatan tersebut,” paparnya.

Dia menambahkan, dalam penyuluhan tersebut, pihaknya juga didukung karena telah memiliki petugas khusus dalam kegiatan tersebut. Bahkan beberapa tim yang patroli pun bisa dilibatkan nantinya dalam kegiatan ini. Tentunya hal ini merupakan bukti bentuk inovasi maksimal nantinya, dalam rangka penyuluhan berujung pada pelayanan dan kenyamanan masyarakat.

“Harapan kami adalah Disdamkaratan Bontang bisa menjadi percontohan seKaltim ke depan,” pungkasnya. (ver)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button