Bontang

Cegah Radikalisme dan Intoleransi, Polres Bontang Sosialisasi ke Sekolah 

BONTANG – Dalam mencegah radikalisme dan intoleransi, Polres Bontang menggelar sosialisasi dengan mendatangi  SMK Negeri II Bontang, Rabu (22/2) lalu. Hal ini dilakukan guna  menjaga dan memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Bontang.

Narasumber kegiatan penyuluhan dalam rangka Operasi Bina Waspada ini,  langsung diberikan Kasat Binmas Polres Bontang, AKP Supriyanto.  Dia  menyampaikan, himbauan kamtibmas tentang kewaspadaan masyarakat terhadap paham radikal, intoleransi, dan gerakan yang mengarah kepada anti pancasila.

Kapolres Bontang AKBP,  Andy Ervyn melalui melalui Kasat Binmas AKP Supriyanto mengatakan, kegiatan sosialisasi paham radikal, intoleransi, dan gerakan anti pancasila ini perlu disampaikan kepada masyarakat, utamanya kepada para pelajar, agar tidak terjerumus pada ajaran-ajaran yang menyesatkan. Sebab sering terdengar dan melihat, baik langsung maupun melalui media. Pelaku teror atau yang biasa disebut penganten paling banyak merekrut para pemuda.

“Ajaran radikal sangat menyesatkan dan dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa, serta memunculkan kebencian baik terhadap pemerintah Indonesia,” jelasnya.

Supriyanto menuturkan, kegiatan  ini rutin dilakukan baik terhadap Organisasi  Masyarakat (Ormas), kelompok, komunitas, masyarakat bahkan para pelajar baik dalam bentuk kelompok ataupun perorangan. Hal ini dilakukan guna menumbuhkan daya cegah dan daya tangkal masyarakat  sejak dini, terhadap berbagai ancaman dan gangguan di lingkungannya. Ia pun  berharap  masyarakat mewaspadai ajaran mereka, yang menganggap paham mereka lah yang paling benar, terus ajaran kelompok lain dianggap  bid’ah, menyesatkan dan kafir. Bahkan mereka cenderung berprilaku kasar dan anarkis serta tidak mau menerima pendapat orang lain termasuk nasehat orang tua.

“Diharapkan semua bisa  menjaga keamanan dan ketertiban dengan menolak paham tersebut,  agar  bisa terhindar dari  ajaran tersebut , tutupnya. (ver)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button