Breaking News

Waduh… Penutupan Bandara Ahmad Yani Diperpanjang

Evakuasi pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani, Semarang, belum selesai dilakukan. Imbasnya, penutupan bandara diperpanjang hingga pukul 08.00 WIB.

“Bandara masih ditutup sampai dengan 01.00 UTS atau pukul 08.00 WIB,” kata Kepala Humas Kemenhub Bambang S Ervan saat dikonfirmasi Detikcom, Senin (26/12/) pagi.

Sebelumnya, diinformasikan sedianya bandara sudah kembali dibuka pukul 05.00 WIB, namun mundur ke pukul 08.00 WIB.

Dia menambahkan, pihak pengelola bandara bekerja sama dengan Basarnas, TNI, Airlines dan pihak terkait lainnya melaksanakan evakuasi terhadap badan pesawat yang masih berada di bahu runway.

Seharusnya, bandara sudah bisa dibuka pukul 00.00 WIB, namun urung karena evakuasi belum selesai. Penutupan ini membuat sejumlah penerbangan dari dan ke Semarang ditunda bahkan dibatalkan.

Sejumlah penerbangan dialihkan ke Solo dan Surabaya. Disediakan bus Damri untuk penumpang yang turun di Solo dan hendak ke Semarang.

“Ada yang di-divert (dialihkan) ke SUB (Surabaya). Bandara Adi Sumarmo (Solo) kita buka 24 jam untuk melayani pesawat ke SRG. Kita sediakan free Damri SOC-SRG,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi, Minggu (25/12) malam.

Pesawat Alami Kerusakan Ban

Pesawat Wings Air IW 1896 yang tergelincir di landasan Bandara Ahmad Yani, Minggu sore, mengalami kerusakan di ban sebelah kanan.

“Kerusakan yang ada ban sebelaah kanan atau landing gear sebelah kanan patah melipat. Pesawat ini harus kita angkat dengan forklift atau crane, kemudian dibawah diberikan bantalan,” kata General Manager Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko, di Bandara Ahmad Yani, Semarang.

“Setelah diberi bantalan dengan roda, pesawat ini kita tarik, tempatkan di area parkir yang tersedia menggunakan parkir Lanumad Ahmad Yani,” terangnya.

Adapun penyebab pesawat tergelincir masih diselidiki oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Saat itu short final hujan deras, angin cukup kencang, info yang disampaikan dari BMKG, [kecepatan] angin 26 knot. Pesawat sempat touch kemudian tergelincir. Karena apa dan sebagainya menunggu dari hasil KNKT,” ujar Priyo.

Dia menjelaskan, pesawat tersebut tergelincir setelah usai melakukan penerbangan dari Bandung ke Semarang. Namun sampai pada tahap final pendaratan sekitar pukul 18.45 WIB, pesawat yang mendarat dalam guyuran hujan deras tergelincir ke kanan hingga sebagian badan pesawat ada di luar landasan.

Menurut Priyo, dari 48 penumpang dan 4 awak dalam pesawat, tidak ada korban jiwa. Namun 6 orang di antaranya mengalami syok dan sudah ditangani tim medis lalu dipulangkan.

“Oleh pihak pos kesehatan pelabuhan yang ada di posko kami, telah ditangani dengan baik dan sudah dipulangkan. Yang rawat jalan menjadi perhatian kita semua termasuk dari asuransi Jasa Raharja,” tandasnya. (Detikcom/les)

sumber: CNN Indonesia

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button