Bontang

Terkait Bus Terguling, Ada Indikasi Sopir Ugal-ugalan

 

Sebelum terjadi kecelakaan, bus patas Samarinda Lestari rute Bontang-Balikpapan, yang dikemudikan Andi Tomo T melaju dengan kecepatan tinggi. Kepastian itu diperoleh dari keterangan para penumpang.

Salah seorang penumpang, Nurdaniati menjelaskan kronologis kejadiannya kepada suaminya, Miftachul Choir. Oleh sang suami itu, tragedi tersebut diteruskan kepada Bontang Post.

“Istri saya bilang, sopirnya ugal-ugalan dan ceroboh dalam mengendarai bus,” kata Miftachul.

Memasuki Tanah Datar, bus melaju kencang. Tiba di tikungan tajam, sang sopir diduga tak mampu mengendalikan laju busnya. “Setelah itu, bus oleng dan sopir banting setir ke kanan,” ceritanya.

Bersama penumpang lain, dia belum berencana menempuh jalur hukum. Namun Miftachul berpesan kepada PO Samarinda Lestari agar sistem perekrutan sopir lebih baik lagi. Perusahaan pun diminta memastikan sopir tidak dalam pengaruh obat-obatan atau narkoba dalam membawa penumpang.

“Karena sopir bus membawa penumpang, ya harus hati-hati. Jangan asal setor ke bos, tapi dipikir juga keselamatan penumpang,” tegasnya.

Korban lainnya adalah pasangan suami-istri (pasutri), Wahyuni-Darmini. Warga RT 46 Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat itu mengaku tidak tahu pasti soal penyebab terbaliknya bus. Saat kejadian, dia bersama istrinya di bagian tengah. Namun dia merasakan bus melaju kencang.

“Waktu di dalam bus, saya tidur-tidur ayam. Namun tiba-tiba saja bus terbalik dan penumpang lain menindih saya. Jumlahnya tiga hingga empat orang,” ungkapnya.

Kejadian itu membuat mereka cedera. Wahyuni merasakan sakit di bagian pinggang, sedangkan istrinya bersimbah darah akibat sobek di kepala. Setelah berhasil keluar dari bus nahas itu, Wahyuni yang panik langsung menyetop kendaraan yang melintas. Begitu mendapat mobil, mereka langsung menuju Puskesmas Sungai Siring.

“Saat di puskesmas tersebut, istri saya mendapat 10 jahitan di kepala. Setelah dijahit, karena takut ada apa-apa di kepala istri saya, dokter yang merawatnya pun merujuknya ke RSUD AW Sjahranie Samarinda untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.

Sementara itu, Darmini mengungkapkan, dia tidak mengingat kejadian hingga kepalanya bisa sobek. Saat itu, dia merasa antara pingsan dan tidak. Karena masih mendengar suara penumpang lain. “Waktu di RSUD AW Sjahranie saya di rontgen dan suntik tetanus,” katanya.

Indikasi ugal-ugalan diakui penumpang lainnya, Davin. Di bus itu, Davin pergi bersama anak-istrinya. Sejak awal keberangkatan, dia mengaku punya firasat tidak enak.

“Setiap tikungan selalu laju, tidak pakai rem. Bahkan saat di tikungan sebelum kejadian, saya sempat melihat posisi bus keluar jalan raya. Karena sudah tak bisa dikendalikan, langsung terguling ke kiri,” jelasnya.

Satu keluarga itu terlempar dan tertindis penumpang lain. Beruntung sang anak berada dalam dekapan istrinya, sehingga selamat. Namun, akibat melindungi buah hatinya, tangan istrinya sobek dan dilarikan ke Puskesmas Sungai Siring.

“Kami keluar lewat kaca depan bus yang saat itu sudah pecah. Baru di pinggir jalan saya cepat-cepat berhentikan mobil pikap pengangkut pisang untuk dibawa ke puskesmas,” terangnya.

Usai mendapatkan penanganan awal di puskesmas, dirinya pun langsung dijemput oleh temannya untuk kembali ke TKP mengambil barang bawaannya. Barulah setelah itu, mereka langsung bergegas kembali ke Bontang.

“Istri langsung saya larikan ke RS Amalia. Kemudian, mendapat tujuh jahitan. Setelah itu, baru saya kembali ke rumah,” tuturnya.

Senada dengan penumpang lainnya, Rustam. Usai kejadian, dia membatalkan rencananya keluar kota dan pulang ke Bontang. Sebelum ke rumah, dia langsung memeriksakan diri ke RS Amalia.

“Posisi saya sedang tidur saat itu, jadi tidak tahu kronologisnya, Tahu-tahu busnya langsung terbalik ke kiri,” tuturnya.

Baik Davin maupun Rustam sama-sama mengaku tidak menuntut sopir. Mereka hanya meminta agar PO Samarinda Lestari mau bertanggung jawab untuk menanggung biaya berobat, serta mengganti uang karcis keberangkatan penerbangan mereka yang sudah hangus. (dra/aim/kpg/bbg/ver/mga/zul/rw/al/gun)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button