Feature

Ubah Citra Rawa Indah Lewat Sepak Bola

 

Kisah Inspiratif Waga Bontang: Bahtiar Bagenda (182)

Siapa yang tak mengenal nama Bahtiar Bagenda. Penggiat dan pecinta sepak bola di Kota Taman ini membentuk tim tanpa memungut biaya sepeser pun kepada anak didiknya. Meski minim biaya, prestasi yang ditorehkan tak bisa diremehkan.

Veri Sakal, Bontang

PRIA asli Weladi, Bone ini memulai karir sepak bola pertama kali di Bontang dengan menjadi pelatih tim Saranai FC usia dewasa, saat ia menetap di Lengkol sejak 2001 silam.  Namun seiring berjalannya waktu, tim tersebut bubar. Kemudian ia pun membentuk dan menggantinya dengan nama baru, Lengkolen FC.

“Saat itu ada dua tim yang saya bentuk, Lengkolen FC yang dewasa dan SSB (Sekolah sepak bola, Red.) Lengkolen yang junior,” jelasnya.

Walau membentuk tim dengan nama Lengkolen yang mayoritas anak-anak dari Lengkol, ternyata banyak pemainnya yang berasal dari Rawa Indah. Melihat hal itu, akhirnya ia pun membentuk tim SSB Rawa Indah Junior pada 2008.

Seiring dengan kepindahannya di wilayah tersebut, berjalan dua tahun ia pun membentuk tim usia senior dengan nama Bina Bola Bontang pada 2010. Alasan ia membentuk tim tersebut, agar anak didiknya tidak terjerumus dengan kriminalitas. Diakuinya, ini karena wilayah tersebut begitu banyak tindak kriminalitas. Maka dari itu, ia pun menggandeng anak-anak tersebut melalui sepak bola. Alhasil tindak kriminal di wilayah tersebut lama-lama berangsur menurun. “Dulu Rawa Indah terkenal dengan kriminal dan pasar, tapi sekarang terkenal dengan sepak bolanya,” tuturnya.

Dia mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan potensi pemain di timnya, yakni membentuk tim tanpa  memungut bayaran sepeser pun. Diakuinya, cara ini dilakukan karena para orangtua anak didiknya rata-rata berekonomi menengah ke bawah.  Berbagai kendala juga dia rasakan. Seperti ingin mengikuti turnamen di luar kota, tapi tak bisa karena tidak adanya biaya. Ingin latihan, tapi bola banyak yang rusak.

Berbagai kendala tersebut membuatnya sempat berpikir ingin membubarkan timnya. Namun karena takut anak-anak ini kembali terjerat perilaku negatif bila dilepas, dia pun enggan membubarkan sampai saat ini. “Pembinaan ini tentu membutuhkan biaya yang besar, namun saya selalu berfikir bahwa menyenangkan anak-anak ini merupakan pintu rezeki saya,” ungkapnya.

Bukan hanya dana, dalam memajukan tim, dia pun memilih pelatih yang memiliki watak tegas dan bermental juara. Ini dilakukan agar hal yang diinginkan tim tercapai, yakni dapat menjadi juara di setiap even yang diikuti timnya. Namun bukan hanya itu. Untuk menghargai dan memotivasi para pemain dan pelatih, dia pun selalu menyempatkan diri memantau langsung perkembangan timnya di sela kesibukannya.

“Setiap latihan saya usahakan datang bila tidak keluar kota, sebab saya ingin melihat perkembangan anak-anak kami. Maka dari itu, bila ada yang pindah tanpa seizinnya ia pun merasa kecewa terhadap pemain itu,” bebernya.

Meskipun begitu susah membentuk tim ini, namun dia merasa cukup puas. Pasalnya timnya tersebut banyak menyumbangkan pemain bertalenta di berbagai even. Seperti “Tim Nasional” Bontang, Soeratin Bontang, Singa Cup, dan Poprov Bontang. Bahkan, timnya juga turut menyumbangkan pemain kepada Bontang Post FC, tim dari media ini.

“Sebenarnya tujuan saya dulu ingin membentuk tim, karena ingin menjadi agen sepak bola. Namun ternyata hal ini begitu sulit. Karena saat usia muda mereka berlatih dengan kami, begitu menginjak dewasa mereka meninggalkan kami karena kuliah,” tutupnya. (***)

Tentang Bahtiar

Nama Lengkap: Bahtiar Bagenda

TTL: Welado Bone, 5 Agustus 1970

Orangtua: Bagenda – Dalle

Istri: Andi Megawati

Anak:Tiara Eka Pertiwi, Citra Dewi Fortuna, Noufal Dzakwan

Prestasi Tim SSB Rawa Indah Junior

Juara Satu wali Kota Cup Bontang pertama  U-14

Juara Tiga Gotia Se-Kaltim di Samarinda U-14

Juara Tiga Manchester United FC Cup

Juara Dua Wali Kota Cup kedua U-16

Juara Tiga Wali Kota Cup Kedua U-14

Juara Satu Wali Kota Cup 2016 U-12

Juara Dua Wali Kota Cup 2016 U-14

Juara Satu Piala Rektor Unmul se-Kaltim U-12

Juara Satu Piala Bupati Kutim 2017 se-Kaltim U-12

Juara Dua Piala Bupati Kutim 2017  se-Kaltim U-14

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button