Advertorial

TNK Gelar Ekspose Menanam Mitra Taman Nasional Kutai 2016

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Bontangpost.id SANGKIMA – Taman Nasional Kutai (TNK), Selasa (20/12) kemarin mengadakan kegiatan Ekspose Menanam Mitra Taman Nasional Kutai di Objek Wisata Alam Sangkima. Acara ini diadakan, karena Desember merupakan Bulan Menanam Nasional. Di mana dilakukan penanaman secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan ini.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut, untuk menyampaikan kepada masyarakat  mengenai status kawasan TNK dan mengembalikan fungsi hutan. Serta sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan kegiatan gladi posko kebakaran. Harapannya, dengan kegiatan ini maka upaya pemulihan kawasan hutan dapat dilaksanakan, dan hutan kembali pada fungsi yang semestinya. Serta semua pihak dapat berpartisipasi dalam hal menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, di masa yang akan datang.

Acara tersebut dihadiri Bupati Kutai Timur (Kutim), Ismunandar yang diwakili  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim Ence Ahmad Rafiddin Rizal, Kepala Balai TNK Nur Patria Kurniawan, dan perwakilan dari perusahaan mitra TNK. Mitra TNK yang ikut mendukung adalah berberapa perusahaan yang berdomisli di Bontang maupun Kutim yaitu PT. Pupuk Kalimantan Timur, LNG Badak, PT. Indominco Mandiri, Kaltim Prima Coal, PAMA, Pertamina EP, PT. Kaltim Methanol Industri, dan PT.Surya Hutani Jaya.

Dalam sambutannya, Ence Ahmad Rafiddin Rizal mewakili Bupati Kutim mengatakan, sangat menghargai dan mengapresiasi dukungan dari perusahaan yang telah menjadi mitra TNK. Atas kontribusi mereka dalam memelihara, melindungi, mengkonservasi sekaligus juga memanfaatkan kawasan hutan TNK.

”Merupakan kewajiban kita semua sebagai masyarakat, untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Saya harap para peserta dan undangan yang hadir hari ini, dapat menyebarkan apa yang telah didapatkan dalam hal pencegahan kebakaran hutan kepada orang orang yang ada di sekitar mereka. Ingat, lebih baik mencegah daripada memandamkan,” pungkasnya.

Kegiatan dilajutkan dengan simulasi penanaman pohon yang dilakukan oleh Slamet Tamsir yang merupakan Penyuluh TNK. Dilajutkan penanaman bibit pohon secara simbolik, yang dilakukan oleh perwakilan Bupati Kutim, Mitra TNK, Kepala Balai TNK, Muspida, dan para undangan.

Nur Patria Kurniawan menjelaskan, untuk antisipasi tahun 2017 yang diprediksi akan mengalami bulan kering yang panjang maka dibuatlah kegiatan gladi posko kebakaran.

”Kegiatan ini sejalan dengan program dari Kutim, di mana saat ini sedang melakukan pembentukan Desa Tanggap Bencana (DESTANA) khusus untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” jelasnya.

Mitra TNK pada tahun ini menargetkan penanaman 10 ribu bibit pohon. Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain adalah aren genjah, kapur, meranti, ulin, dan tanaman buah yang ditujukan sebagai pakan orang utan yang merupakan maskot dari TNK.(*/Rdy/Adv).

 

sumber: http://bontang.prokal.co/read/news/9247-tnk-gelar-ekspose-menanam-mitra-taman-nasional-kutai-2016.html

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button