SANGATTA – PDAM Tirta Tuah Benua punya cara unik meningkatkan pembayaran rekening air para pelanggannya. Hal ini terlihat pada stan milik PDAM yang tersedia di Pekan Raya Ekspo Kutim. Yaitu dengan memberikan hadiah spesial, khusus pelanggan yang membayar tagihan air selama ekspo tersebut berlangsung.
Padahal sebelumnya, kesadaran warga terbilang minim membayar tagihan. Dari 23 ribu pelanggan, hanya sekira 4 ribu pelanggan atau 20 persen warga yang tepat waktu membayar tagihan. Sisanya, sebanyak 80 persen mengabaikan pembayaran.
Ada beberapa alasan mayoritas pelanggannya telat membayar air. Di antaranya kesibukan pekerjaan, atau sedang berada di luar daerah.
Namun kini, saat dibuka layanan khusus, mereka terlihat antusias. Tak cukup setengah hari, terdapat sebanyak 50 pelanggan yang membayar air.
“Jika ditotal selama buka layanan, sudah sebanyak 150 pelanggan lebih yang membayar,” ujar Plt Dirut PDAM, Suparjan.
Dirinya berharap semua pelanggan dapat membayar air tepat waktu. Apapun alasannya. Semua demi kebaikan bersama.
“Meskipun begitu, kami tak dapat berbuat banyak selain hanya memberikan penjelasan dan nasihat kepada pelanggan. Sebab, itu paling utama dari pada memberikan sanksi tegas. Sebab, PDAM merupakan perusahaan pemerintah yang mengutamakan pelayanan ekstra,” katanya.
Disinggung kalangan mana saja yang kerap lambat bayar tepat waktu, dirinya mengaku semua kalangan. Bahkan banyak pula kalangan pengusaha. Hal inilah yang cukup disayangkan.
Karenanya, untuk meningkatkan partisipasi bayar tepat waktu, ialah dengan membuat terobosan baru. Salah satunya memberikan hadiah spesial kepada pelanggan.
“Salah satu usaha kami ialah memberikan suvenir. Kedua ialah jalinan komunikasi . Komunikasi secara rutin inilah yang paling diutamakan,” katanya. (dy)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:
Discussion about this post