Bikin Bangga, Dua Pemuda Bontang Raih Prestasi Terbaik Se-Kaltim

Muhammad Febrianto Ramadhan (kanan), dan Fikram Oktafiandi (kiri), keduanya dinobatkan sebagai pemuda berprestasi se-Kaltim

bontangpost.id – Dua pemuda asal Bontang menorehkan prestasi di tingkat provinsi. Mereka terpilih sebagai pemuda berprestasi terbaik se-Kaltim. Muhammad Febrianto Ramadhan (27) berada di urutan pertama, sementara Fikram Oktafiandi (23) yang juga berasal dari Bontang berada di urutan kedua. Keduanya bakal menerima penghargaan dari Gubernur Kaltim pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Samarinda, pada 28 Oktober mendatang.

Muhammad Febrianto Ramadhan terpilih sebagai pemuda berprestasi terbaik lantaran segudang prestasi yang dimilikinya. Mulai tingkat kota, hingga kancah nasional. Namun warga HOP 6 ini meyakini, dirinya yang begitu aktif di organisasi, utamanya menjadi Ketua HMB pusat, menjadi salah indikator penting dalam penilaian.

Salah satu prestasinya yang juga menjadi andalan yakni juara umum Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-11 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2015 lalu. “Diminta untuk presentase bukti prestasi itu, sampai bagaimana prosesnya sampai bisa meraih prestasi,” ungkapnya kepada bontangpost.id.

Lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini sudah terbilang aktif di sejumlah organisasi sejak duduk di bangku SMP. Berbagai pelatihan juga kerap diikuti olehnya. “Saya aktif jadi pemateri di kalangan mahasiswa, keinginan saya bisa mendorong agar pemuda-pemuda di Bontang bisa menginsipirasi, walau kota kecil tapi kita bisa beradaptasi, bisa berprestasi, minimal di kota sendiri,” ujarnya.

Pemuda asal Bontang yang juga menerima penghargaan yakni Fikram Oktafiandi. Warga Loktuan itu berada di urutan kedua. Tak kalah hebat dari Febrianto, Fikram bahkan sudah beberapa kali menorehkan prestasi di kancah internasional. Di antaranya, Silver Medal dalam Lomba international festival of innovation on green technology 2018 di University Malaysia Pahang, Malaysia. Kedua, Gold Medal dalam Lomba international festival of innovation on green technology 2019 di Malaysia. Dia juga mendapat Silver Medal dalam Lomba international intellectual property, invention, innovation and technology exposition 2020, Bangkok, Thailand. Serta delegasi mahasiswa Indonesia dalam kegiatan International Summer Camp S&T di Beijing Univeristy of Chemical Technology 2019, China.

“Saya sangat bersyukur bisa mewakili Bontang sebagai pemuda berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Timur, saya berharap ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi pemuda-pemuda Kalimantan Timur khususnya Kota Bontang untuk terus berkarya dan berprestasi, serta terus memberikan kontribusi untuk Kota Bontang tercinta,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada pemuda di Bontang agar bisa saling mengedukasi dalam hal-hal positif. “Bisa saling sharing dalam lingkup bidang karya ilmiah bagi para pemuda di Kota Bontang sehingga dapat mengembangkan potensi dalam diri,” harapnya.

Total ada 5 pemuda berprestasi di Kaltim yang akan menerima penghargaan. Tiga lainnya berasal dari Samarinda, Balikpapan dan, Kutai Barat. Mereka sebelumnya mengikuti seleksi di tingkat kota. Sebelum ikut penjaringan tingkat provinsi.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispopar Bontang Arianto mengatakan pihaknya melakukan seleksi administrasi pada Juni lalu, Ada 14 nama yang dikirim ke provinsi. Selanjutnya interview dilakukan oleh tim penilai dari provinsi. Tahapan tersebut dilakukan pada September. “Mereka datang ke Bontang,” ujarnya.

Meski tidak ada anggaran penjaringan, namun kegiatan ini tetap dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap pemuda di Kota Taman yang memiliki banyak prestasi dan telah mengharumkan nama Bontang. “Mereka rata-rata aktif di organisasi, pemuda-pemuda hebat yang diharapkan bisa berkontribusi dalam memajukan Bontang ke depannya,” pungkasnya. (*) 

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version