bontangpost.id – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali membuka program Pupuk Kaltim Apprentice Challenge (PAC) Batch V Tahun 2021 bagi masyarakat Bontang. Program ini ditujukan bagi fresh graduate jenjang Diploma-3 dan Strata-1, dengan masa magang selama 6 bulan di berbagai unit kerja perusahaan.
Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengungkapkan, program ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pengembangan kapasitas SDM lokal agar lebih berdaya saing. Sekaligus peningkatan kompetensi masyarakat sesuai bidang ilmu yang dipelajari. Program ini dapat menjadi bekal generasi muda yang baru lulus perkuliahan, untuk mengetahui lebih dalam praktik dunia kerja dari keterampilan yang dimiliki.
“Banyak teori yang diperoleh selama bangku kuliah maupun sekolah, tapi masih awam dengan praktiknya. Magang ini dapat menjadi sarana belajar bagi para peserta,” kata Qomar.
Proses rekrutmen PAC bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bontang dan dijamin berjalan transparan tanpa dipungut biaya. Para peserta yang dinyatakan lolos, akan ditempatkan di berbagai unit kerja Pupuk Kaltim sesuai pendidikan dan bidang ilmu yang dimiliki.
Peserta juga akan memperoleh benefit berupa uang saku, onboarding package, pembimbing yang kompeten, fasilitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), asuransi BPJS Ketenagakerjaan, pengobatan ringan, sertifikat industri, pengenalan dunia industri, serta penggunaan berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi di lingkungan perusahaan.
“Seluruh peserta akan mendapat pendampingan serta transfer knowledge secara intensif sesuai bidang ilmu. Sehingga saat program selesai peserta bisa mendapat bekal memadai untuk meningkatkan daya saing menghadapi dunia kerja,” tambah Qomar.
Kualifikasi pendidikan pada PAC Batch V 2021 terdiri dari D3/S1 jurusan Manajemen Keuangan, Akuntansi, Psikologi, Manajemen SDM, Teknik Industri, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Untuk spesifikasi kompetensi mulai dari staf Administrasi Keuangan, Pengelolaan SDM, Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa, Administrasi Manajemen Perusahaan, serta Pelayanan dan Promosi.
Proses pendaftaran dan persyaratan administrasi bisa diakses secara online, melalui laman http://tiny.cc/pac_v dengan batas akhir pada 18 Oktober 2021. Sejumlah persyaratan umum, di antaranya warga Kota Bontang yang dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP), usia maksimal 30 tahun, IPK Minimal 3.00 skala 4.00, belum pernah mengikuti program PAC sebelumnya, dan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap 2.
Selanjutnya, hardcopy pendaftaran dan berkas persyaratan administrasi dikirim ke Kantor Disnaker Bontang selama jam kerja. Para peserta yang dinyatakan lolos administrasi, akan diumumkan melalui Disnaker Bontang dan laman web Pupuk Kaltim pada 19 Oktober 2021, untuk bersiap mengikuti tahapan seleksi lanjutan hingga dinyatakan lolos pemagangan yang akan dimulai pada 1 November 2021. (*/nav)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:
Discussion about this post