Dewan Minta Gunakan Tenaga Lokal 

RUSTAM HS(DOK/BONTANG POST)

LANJUTAN pembangunan gedung Pasar Rawa Indah tentunya bakal membutuhkan tenaga kerja. Oleh karena itu, legislator meminta agar pihak kontraktor memberdayakan tenaga kerja lokal.

Ketua Komisi III DPRD Rustam HS mengatakan, memang ini tidak diatur dalam sebuah regulasi. Namun, ia berujar di Kota Taman ini banyak terdapat tenaga handal. Mengingat terdapat dua perusahaan besar berskala internasional.

“Di Bontang ini tenaga apapun ada,” kata Rustam saat memimpin rapat dengar pendapat terkait progres pembangunan pasar Rawa Indah, Senin (26/3) lalu.

Politisi Golkar ini berharap adapun tenaga yang dibawa dari perusahaan ialah tenaga skill. Meskipun demikian, Rustam tak merincikan berapa persentase penggunaan tenaga lokal dari jumlah pekerja.

Prioritas dari pembagian tenaga kerja berasal dari warga kelurahan Tanjung Laut. Selebihnya nanti juga dibuka bagi kelurahan lainnya. Tentunya lowongan pekerjaan dibuka sesuai dengan mekanisme yang ada yakni melalui Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP).

“Jangan juga dimonopoli daerah sekitar lokasi proyek, orang dari kelurahan lain juga membutuhkan pekerjaan,” ujar Rustam.

Sementara Project Manager PT Sasmito, Arfiono, bersedia memperhatikan kearifan tenaga lokal. Ia mengatakan sejak dua pekan lalu progres pengerjaan masih sebatas perencanaan. Dijadwalkan pengerjaan fisik bakal dimulai awal Mei mendatang. “Kami tentunya pasti akan menggunakan tenaga lokal,” kata Arfiono.

Perusahaan ini dinyatakan menjadi pemenang proyek, dengan penawaran sebesar Rp 90.851.927.000. Adapun batas waktu pengerjaan selama satu tahun. Durasi itu tak termasuk bila terjadi kondisi force majuere  (situasi yang tidak dapat dihindarkan). Proyek ini dikerjakan dengan sistem tahun jamak.

“Durasi pemancangan selama 52 hari, sisanya overlap,” papar Arfiono.

Nantinya pemancangan tidak lagi memakai sistem drop hammer namun injeksi. Pasalnya terdapat keraguan akan kekuatan bangunan sekitar. Dikatakan Arfiono, perusahaan ini sudah malang-melintang di bidang pembangunan infrastruktur. Beberapa bangunan yang sudah dikerjakan ialah Pasar Segar Sidoarjo dan RSUD Bekasi. (ak)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version