Hore, Lulusan SD Sidrap Bisa Lanjutkan Pendidikan di Bontang

Siswa lulusan SD dari Sidrap kini bisa melanjutkan pendidikan di Bontang. (Ilustrasi/dok/KP)

BONTANG – Siswa lulusan SD yang merupakan warga Dusun Sidrap, Desa Martadinata, Kutai Timur yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP Negeri di Bontang sempat mendapat batu ganjalan. Lantaran peserta didik tersebut dianggap merupakan warga luar kota. Jika menurut sistem zonasi hanya mendapatkan jatah 5 persen saja.

Akan tetapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang menganggap, anak didik tersebut bukanlah siswa pindahan dari luar daerah. Karena anak-anak warga yang tinggal di tapal batas tersebut dominan menempuh pendidikan selama enam tahun di sekolah yang berada di Bontang.

“Kalau kategori dia orang luar kota itu, jika dia tempat tinggalnya dan sekolahnya juga dari luar daerah,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparuddin saat ditemui di Kantornya Graha Taman Praja, Kelurahan Bontang Lestari, Rabu (29/5/2019).

Sebab itu pihaknya mengakomodir pelajar di daerah tersebut dapat masuk di sekolah yang berada di zona C, yaitu SMPN 5, SMPN 9 dan SMPN 4. Namun, dijelaskannya, peserta didik yang berdomisili di Sidrap hanya dapat masuk zona 2. Pasalnya untuk zona 1, syaratnya hanya untuk warga yang radius tempat tinggal dengan sekolah yang ada di zona C berjarak 400 meter. Diukur melalui Google Maps. “Nanti dia bebas memilih 3 sekolah itu (SMPN 5, SMPN 9 dan SMPN 4, Red),” ujarnya.

Sebagai informasi, jalur zona 2 dibuka pada 1-5 Juli mendatang. Seluruh pelajar yang masuk dalam zona C bakal diperingkat berdasarkan nilai USBN. Adapun jalur zonasi memperebutkan 90 persen dari total daya tampung sekolah.
Sementara 10 persen bakal diisi oleh calon pelamar yang menggunakan jalur prestasi dan perpindahan tugas orang tua dari daerah lain. Masing-masing besarannya 5 persen.

Sebanyak 504 kursi dari 14 rombongan belajar (rombel) bakal diperebutkan oleh pelamar di zona C ini. Rinciannya, SMPN 4 mendapat kuota 180 siswa, SMPN 5 berjumlah 216 siswa, dan SMPN 9 hanya 108 siswa. (Zaenul)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version