Ini Cara Sehat Ganti Waktu Tidur yang Hilang

Ilustrasi.

TERLALU sibuk bekerja bisa membuat waktu tidur menjadi berkurang. Padalah, tidur adalah salah satu kebutuhan yang membuat tubuh tetap sehat. Kebanyakan mereka yang terlalu sibuk hanya memiliki waktu tidur sekitar 5 jam dan membalasnya dengan tidur lebih lama pada akhir pekan.

Anggapan bahwa tidur lebih panjang di akhir pekan dapat memperbaiki waktu tidur yang terbuang adalah salah. Penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa mengejar ketinggalan waktu tidur di akhir pekan tidak akan menggantikan waktu tidur yang hilang hari sebelumnya. Penelitian dari Universitas Etockholm melihat bagaimana usia seseorang dan jam tidur rata-rata mempengaruhi peluang hidup lebih lama.

Periset menemukan bahwa dari 43.000 orang, mereka yang berusia 65 atau di bawahnya memiliki rata-rata kurang dari lima jam tidur, atau rata-rata tidur lebih dari delapan jam per hari terindikasi kemungkinan kematian dini. Periset juga menambahkan cara agar tetap sehat meskipun telah tidur lebih panjang di akhir pekan.

“Sepertinya Anda benar-benar bisa mengimbangi dengan tertidur saat akhir pekan. Mungkin ada batasannya, tapi lebih baik lagi untuk meningkatkan jam tidur pada akhir pekan daripada tidak melakukannya sama sekali.” jelas Torbjorn Akerstedt, peneliti utama dari penelitian ini seperti dilansir Metro.co.uk.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa memiliki waktu tidur yang teratur sangat penting karena berpengaruh dengan keadaan tubuh keesokan harinya. Anda bisa kehilangan fokus dan juga dapat meningkatkan stress. Torbjorn menyarankan rutinitas sehari-hari berikut ini agar bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Atur Waktu Tidur
Untuk memperbaiki waktu tidur, Anda harus bisa mengatur waktu tidur dengan baik. Membuat jam tidur bisa membantu Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Jika Anda memiliki waktu senggang, bisa gunakan untuk tidur sebentar.

2. Jauhkan Telepon atau Teknologi
Kebiasaan terlalu sering menggunakan telepon genggam atau alat elektronik lainnya bisa mengganggu waktu tidur karena terlalu asyik dan lupa waktu. Usahakan untuk menjauhkan perangkat-perangkat tekhnologi sebelum tidur.

3. Berhenti Minum Kafein
Meminum minuman yang mengandung kafein dapat mempengaruhi pola tidur. Kafein yang terkandung dalam kopi atau teh bisa membuat otak tetap terjaga dan mengakibatkan sulit tidur di malam hari. Jika bisa, minumlah minuman yang mengandung kafein maksimal pada jam 4 sore. (net)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version