Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Masyarakat Diminta Perhatikan Prokes

Jubir Satgas Covid-19 Bontang Adi Permana

bontangpost.id –  Kasus penambahan terkonfirmasi Covid-19 di Kota Bontang meningkat dalam sepekan terakhir. Puluhan warga Bontang kembali dinyatakan positif Covid-19. Meski kasus sempat dinyatakan melandai.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Adi Permana menyebut sampai saat ini terdapat 25 kasus aktif. Tiga dia ntaranya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit dan 22 lainnya melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Tiga orang saat ini kondisinya sudah membaik. Meskipun sebelumnya sempat ada keluhan. Tapi, keluhannya masih sama dengan gejala Covid sebelumnya. Alhamdulillah, varian baru di Bontang belum ada,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (31/10/2022).

Sama seperti sebelumnya, Adi bilang rata-rata pasien terkonfirmasi Covid-19 dalam sepekan terakhir tidak bergejala berat alias mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

“Isomannya kan enggak lama. Kalau sekarang cuma lima hari. Dan kebanyakan dari mereka yang positif Covid ini adalah pekerja dan pelaku perjalanan,” sambungnya.

Oleh karenanya, Adi meminta masyarakat tetap waspada dan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menerapkan protokol kesehatan juga melengkapi vaksinasi hingga booster. Karena, meskipun nantinya masuk ke fase endemi bukan berarti kasus Covid-19 nihil.

“Sebagian besar memang sudah menjalankan vaksin dosis ketiga. Sebagian belum. Dan yang sudah menjalankan dosis ketiga itu risiko yang ditimbulkan tidak parah,” ungkapnya.

Saat ini, kata Adi status penetapan zona wilayah tidak lagi diterapkan. Meskipun bila dilihat dari jumlah kasus, Bontang digolongkan dalam zona oranye.

“Karena proses menuju endemi dan tidak lagi menjadi permasalahan yang serius di dunia kesehatan makanya status wilayah tidak digunakan lagi,” tandasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version