Prakla Membara, 19 KK Kehilangan Tempat Tinggal

LUDES: Puluhan rumah kayu di kawasan THM Prakla ludes terbakar, Sabtu (7/6) dini hari sekira pukul 03.30 Wita. (FAHMI FAJRI/BONTANG POST)

BONTANG – Kebakaran besar terjadi di kawasan permukiman padat penduduk di kawasan Tempat Hiburan Malam (THM) Prakla, Kelurahan Berbas Pantai, Sabtu (7/6) sekira pukul 03.30 Wita. Puluhan rumah kayu serta angin kencang di pesisir menambah cepat kobaran api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian diprediksi mencapai ratusan juta rupiah. Dari data yang dihimpun Bontang Post, terdapat dua RT yang terdampak kebakaran yakni RT 16 dan RT 17. Sementara itu, dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, tercatat 19 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

LUDES: Puluhan rumah kayu di kawasan THM Prakla ludes terbakar, Sabtu (7/6) dini hari sekira pukul 03.30 Wita. (FAHMI FAJRI/BONTANG POST)

“Menurut informasi, sumber api berasal dari salah satu rumah. Namun kami belum bisa memastikan penyebab pastinya. Yang kami lakukan saat ini adalah menginventarisir para korban dan membuka posko bantuan,” ujar Lurah Berbas Pantai Rendhy Maulia saat ditemui di lokasi kejadian.

Dari pantauan Bontang Post saat kebakaran terjadi, kobaran api begitu besar. Petugas pemadam pun cukup kesulitan saat memasuki kawasan prakla, selain akses jalan yang sempit, juga karena banyaknya masyarakat yang ikut menonton dan memadati lokasi kebakaran. Warga yang tinggal di kawasan dermaga pun terpaksa naik ke kapal dan melarikan diri ke tengah laut untuk menyelamatkan diri. Kobaran Si Jago Merah baru bisa dijinakkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bontang sekira dua jam.

Dengan akses jalan yang sempit, petugas pemadam kebakaran harus bekerja ekstra keras. (Fahmi Fajri/Bontang Post)

Hingga saat ini, berbagai bantuan dari masyarakat terus berdatangan di posko kebakaran. Sementara para korban, ada yang mengungsi ke rumah kerabat terdekat, ada pula yang memilih tidur di atas kapal. (bbg)

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version