Seribu Pesepeda Kaltim Ramaikan Jambore 2018

Dhedy/Sangatta Post BERLANGSUNG RAMAI: Bupati Kutim, Ismunandar melepas peserta Jambore. Seribu peserta menjajal kemampuan di arena Jambore ke-5 MTB di TNK.

SANGATTA – Sebanyak seribu pesepeda dari komunitas sepeda gunung atau mountain bike (MTB) Kaltim berkumpul di Sangatta, Minggu (28/10). Mereka meramaikan Jambore  ke-5 MTB. Bukan hanya dari Kaltim, terdapat juga dua peserta dari luar Kaltim yakni Sulawesi ikut berpartisipasi di jambore tersebut. Mereka bergabung lantaran penasaran melihat pesona alam Kutim yang terkenal keasriannya.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Jambore MTB  dan Fun Bike Kaltim, Teguh Yunha Asmoro. Usai pelepasan peserta di Balai Pelatihan Percontohan Usaha Tani dan Konservasi (BPPUTK), KM 01, Jalan Poros Sangatta-Bontang.

Teguh merinci, dari jumlah seribu perserta tersebut, 850 orang di antaranya adalah peserta Jambore MTB kelas kompetisi. Lalu 150 orang di antaranya adalah para eksekutif yang berasal dari manajemen Kaltim Prima Coal (KPC) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kutim.

“Kami sekali lagi ingin menjadikan Sangatta ini sebagai pusat kegiatan para komunitas sepeda gunung di Kaltim. Semoga warga Sangatta menyambut antusias seluruh peserta ini, sehingga daerah kita makin dikenal di Kaltim,” kata Teguh.

Menyinggung rangkaian acara saat pelaksanaan, Nasri, Wakil Ketua Jambore MTB mengatakan kali ini merupakan tahun ke-5 untuk Sangatta Bikers Club (SBC) menjadi tuan rumah. “Ini adalah event ke-5 yang diselenggarakan di Sangatta sejak 2014 lalu. Alhamdulillah persiapan kami sudah mantap semuanya,” kata Nasri.

Untuk rute Jambore sendiri, menurut Koordinator Lapangan Dian Junianto,  titik start mengambil lokasi di BPPUTK, KM 01, Jalan Poros Sangatta-Bontang. Untuk kategori pertandingan, jarak tempuhnya sejauh 17 kilometer off-road di wilayah TNK, Sangatta Selatan.

Junianto menambahkan, rute Jambore dimulai dari BPPUTK sekira pukul 06.30 Wita. Belok kiri di jalan Bontang-Sangatta, kemudian masuk Jalan Manggis di lingkungan TNK, terus menuju Manggis 1 dan 2, lalu setelahnya kembali ke BPPUTK.

 

“(Perjalanan) memakan waktu tiga jam. Dalam perjalanan  ada dua pos dan dua water station. Selain itu kami menyiapkan dua orang dokter, lima orang first aider, tiga ambulans, dan enam orang para medik,” tambahnya.

Sementara untuk fun bike berisi Executive KPC dan FKPD, panjang rutenya sejauh lima kilometer. Start di BPPUTK, memutar kanan menuju Patung Burung di jalan Poros Sangatta-Bontang. Berputar lagi di sebelah kiri arah Sangatta-Bontang di sekitar Patung Burung, lalu finis kembali ke BPPUTK.

Pada akhir acara Jambore MTB tahun 2018 ini, panitia akan memberikan 20 buah medali, 10 untuk bikers perempuan dan 10 untuk bikers pria. Acara ini didukung sepenuhnya oleh KPC dan Pemkab Kutai Timur. Dengan pelepasan peserta jamboree oleh Bupati Kutim, Ismunandar dan Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang serta perwakilan dari KPC, Wawan Setiawan. (dy)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version