WASPADA!!! 15 Kecamatan Rawan Bencana 

PANTAU: Petugas BPBD melakukan pemantauan bencana yang terjadi di Kutim.  (DOK/Sangatta Post)

 

SANGATTA – Dari 18 kecamatan yang tersebar di Kutim, tiga diantaranya dinyatakan aman dari bencana yang kerap melanda Kutim. Diantaranya, Kecamatan Kaliorang, Kaubun dan Muara Wahau. Sedangkan 15 kecamatan lainnya memiliki potensi besar diterjang bencana.

Dikatakan Seksi Pencegahan Achmad Junaedi B, bencana yang dimaksud ialah kebakaran hutan dan lahan, banjir, longsor, pergeseran lempeng tanah, angin puting beliung, gempa bumi, serta tsunami. Namun gempa bumi dan tsunami hanya memiliki potensi rendah. Jikapun terjadi sasarannya dimungkinkan di daerah pesisir. Seperti Sangkulirang, Sangatta Selatan, Sandaran, dan Bengalon.

“Yang paling aman dari bencana itu hanya tiga kecamatan. Seperti Kaliorang, Kaubun, dan Wahau. Karena lokasi ini jauh dari faktor-faktor penyebab hadirnya bencana. Juga merupakan kawasan tertinggi dari kecamatan lainnya,” katanya.

Meskipun begitu, dirinya yakin bencana besar seperti tsunami dan gempa bumi sangat jauh menghampiri Kutim. Begitupun dengan puting beliung.Yang paling banya mendominasi di Kutim ialah bencana banjir dan kebakaran. Pasalnya, Kutim memiliki hutan yang luas ditambah aliran sungai yang melimpah.

“Jadi kita patut bersyukur karena bencana di Kutim sangat minim. Tidak seperti di dearah lain. Ada gunung meletus, gempa yang dahsyat, angin yang sangat kencang serta tsunami. Kita hanya banjir dan kebakaran saja. Seperti bajir itupun hanya lewat saja. Tidak sampai beminggu-minggu. Makanya kita harus bersyukur karena daerah kita masih aman,” katanya.

Hanya saja ia tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap bencana yang kerap melanda Kutim saat ini. Diantaranya kebakaran. Jangan sampai musibah 2015 lalu kembali terulang pada musim kemarau mendatang. Untuk itu diminta tidak membakar hutan maupun lahan. “Jadi mari kita jaga bersama – sama lingkungan kita. Karena hadirinya bencana itu disebabkan oleh ulah kita sendiri. Mudahan saja Kutim ke depan jauh dari bencana apapun,” harapnya. (dy)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version