1.700 Personel Aparat Dikerahkan Amankan Mudik di Kaltim

1.700 personel dikerahkan untuk pengamanan mudik lebaran di Kaltim

bontangpost.id – Untuk mengamankan mudik lebaran tahun ini, Polda Kaltim mengerahkan 1.700 personil dan akan mendirikan 51 pos pengamanan di wilayah-wilayah vital seperti pelabuhan keluar masuk pemudik dan pusat perbelanjaan.

Kapolda Kalimantan Timur Irjen Polisi Imam Sugianto menjelaskan untuk mengantisipasi keamanan dan kenyamanan mudik lebaran tahun ini, pihaknya akan menggelar Operasi Ketupat Mahakam mulai 28 April hingga 9 Mei di seluruh wilayah Kaltim.

“Ada juga kegiatan polisi yang ditingkatkan, mulai tanggal 14 April dan setelah Operasi ketupat, 9 Mei,” jelasnya.

Dikatakan Kapolda Kaltim, instruksi Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik diimbau agar tidak menunggu titik puncak arus mudik ketika mendekati waktu lebaran.

“Jadi bagi pemudik yang tidak memiliki pekerjaan urgensi, masyarakat swasta atau pekerja freelance, hendaknya mendahului,” jelasnya.

Polda Kaltim memprediksi ada potensi lonjakan arus mudik. Hasil survey Kementerian Perhubungan akan ada 80 juta orang melakukan perpindahan (arus mudik), termasuk lebih 62 persen pergerakan mobil dari arah barat ke timur, khususnya Sumatera, Jawa dan Bali.

“Alhamdulillah, kita di Kaltim ini Insyaallah akan terkelola dengan baik. Sebab, di sini tidak terlalu signifikan meski setiap tahun ada saja mudik ke Jawa dan Sulawesi maupun sebaliknya,” ungkap Kapolda.

Agar memudahkan dan memperlancar arus mudik, terutama pelaku mudik, Kapolda, berharap agar memenuhi cakupan vaksinasi.

“Ini terus kita kebut capaiannya di kabupaten dan kota se-Kaltim sesuai target pemerintah. Harapannya vaksin booster bisa kita capai 70 persen di Juli nanti,” sebutnya. (myn)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version