Lantik Pengurus Posyantek, Sekda: Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Posyantek

Aji Erlynawati melantik para pengurus Posyantek se-Bontang di Gedung Graha Pemuda Dispora Bontang. (Zaenul/Bontangpost.id)

BONTANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang Aji Erlynawati melantik pengurus Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) se-Bontang. Posyantek, kata Iin –sapaan akrabnya- merupakan lembaga kemasyarakatan di kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, informasi, dan orientasi berbagai jenis teknologi tepat guna. Sasaran pemberdayaan masyarakat melalui teknologi tepat guna meliputi masyarakat pengangguran, putus sekolah, dan keluarga tidak mampu, serta masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil menengah.

“Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna dilaksanakan berdasarkan prinsip meningkatkan usaha, ekonomi, mengembangkan kewirausahaan, serta memberikan manfaat secara berkelanjutan dan sederhana,” ungkapnya saat membacakan sambutan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni di Gedung Graha Pemuda, Kamis (20/2/2020), .

Pembentukan Posyantek akan memberikan manfaat sebagai rumah atau media lahirnya inovasi. Tidak saja dalam konteks inovasi teknologi tepat guna, melainkan seluruh inovasi sesuai dengan ketentuan dan persoalan setempat. Selain itu, juga melakukan pemetaan kebutuhan pengkajian dan menjembatani masyarakat sebagai pengguna sekaligus sumber teknologi tepat guna.

Kata Iin, Posyantek mewadahi motivasi penerapan teknologi terhadap masyarakat, memberi konsultasi dan pendampingan, serta memberi kemudahan pula kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan teknis informasi, promosi, juga peningkatan kemampuan dalam rangka pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya Posyantek ini, masyarakat sebagai kelompok atau perorangan dapat memperoleh manfaat positifnya.

“Posyantek Kecamatan dinilai akan memberikan nilai tambah bagi kegiatan masyarakat dan meningkatkan produktivitas,” katanya.

Iin mengimbau kepada seluruh pengurus yang telah dilantik agar bekerja dengan baik dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Di momen pelantikan ini, ia berharap Posyantek menjadi tonggak meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

“Selamat kepada seluruh pengurus Posyantek se-Bontang yang dikukuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Bontang, Safa Muha menjelaskan kehadiran Posyantek. Kehadiran Posyantek, kata Safa karena banyak temuan masyarakat selama ini yang tidak dapat di-publish atau seolah-olah tidak terurus.

“Jadi Posyantek hadir ini sebagai jembatan pemerintah kepada masyarakat,” ucapnya.

Alasan kedua, lanjutnya, penerapan teknologi tepat guna itu adalah potensi membangkitkan pemberdayaan masyarakat. Posyantek dinilai dapat memicu pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan, sehingga jika ekonomi tumbuh, inklusi keuangan semakin menggeliat. (Zaenul/adv)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version