Tingkatkan SDM, Pemkot Bontang Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Konstruksi

Pemkot Bontang menggelar pelatihan dan sertifikasi konstruksi guna menciptakan tenaga kerja yang lebih profesional dan berkualitas

bontangpost.id – Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) mengadakan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang pada Selasa (25/6/2024).

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Dinas PUPR-PERA Provinsi Kalimantan Timur, yang turut memberikan bantuan keuangan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para tenaga kerja konstruksi di Kota Bontang.

Kepala Bidang Bina Konstruksi Dedy Nugraha mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Lembaga Pusat Pelatihan Pembinaan Sertifikasi Mandiri (LP3SM) untuk memberikan pelatihan dan uji kompetensi guna memperoleh Sertifikat Kompetensi Terampil (SKT) kepada peserta.

Pelatihan ini akan dilaksanakan di Universitas Trunajaya Bontang dengan melibatkan 2 kelas selama 3 hari, mulai dari tanggal 25 hingga 27 Juni 2024. Sebanyak 50 peserta akan mengikuti pelatihan ini, terdiri dari 20 orang untuk jabatan Pengawas Bangunan Gedung (jenjang 5) dan 30 orang untuk jabatan Pengawas Drainase (jenjang 5).

Wali Kota Bontang Basri Rase pun menyambut baik terselenggaranya pelatihan ini. Dia menekankan pentingnya sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi dan keharusan bagi penyedia jasa untuk mempekerjakan tenaga kerja yang telah tersertifikasi. Hal ini dianggap penting untuk menjamin mutu dalam penyelenggaraan jasa konstruksi di Kota Bontang.

“Setiap pekerjaan konstruksi harus dilakukan oleh tenaga yang memiliki sertifikasi. Saya berharap Dinas PUPRK benar-benar menerapkan pedoman ini agar di masa depan, semua pekerja kita memiliki sertifikasi yang diperlukan,” ucap Basri Rase. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version