Cegah Tagihan Membekak, PDAM Berikan Tiga Tips

Foto Wajah : Aji Mirni Mawarni

SANGATTA – Air memang kebutuhan utama yang paling pokok bagi manusia. Karena tidak hanya digunakan untuk makan dan minum saja, tapi juga kebutuhan lainnya, seperti mandi, mencuci serta kebutuhan lainnya. Kendati demikian, penggunaan air yang berlebihan terkadang membuat masyarakat, khususnya pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua mengeluh. Sebab, biaya tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan membengkak. Oleh karena itu, untuk mencegah hal itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni memberikan beberapa tips kepada masyarakat.

“Memang air dari PDAM walau tidak semahal tagihan listrik, telpon dan handphone, tapi jika digunakan secara berlebihan, tagihannya pun bisa membengkak. Untuk mencegahnya pelanggan dapat mengikuti tips-tipsnya,” ujar Mawar.

Pertama, kata dia, dengan melakukan pengecekan potensi kebocoran pipa mulai dari meteran. Karena, setiap air yang keluar, baik yang digunakan dengan sepengetahuan pelanggan maupun tidak diketahui, akan tercatat pada meteran air. Sehingga, jika terjadi kebocoran air, maka pelanggan pun harus tetap membayar air yang bocor tersebut walau tak digunakan sama sekali.

“Jika diakumulasikan, air yang keluar dari celah yang bocor bisa mencapai 20 liter perharinya. Jika kebocoran yang terjadi pada keran atau pipa air pada bagian luar belum bisa dibetulkan, tampunglah air tersebut agar dapat digunakan untuk keperluan lagi,” sebut.

Kemudian, lanjut Mawar, mengefisiensikan pemakaian air. Contohnya, mengetahui waktu-waktu yang tepat penggunaan air, seperti untuk menyiram tanaman di musim kemarau. Jangan pula menyiram halaman secara berlebihan serta menyirami lebih cepat dari kemampuan tanah untuk menyerap air.

“Manfaatkan air bekas bilasan baju atau mencuci beras untuk menyiram tanaman atau mencuci baju. Bila ada acara dirumah kita kumpulkan dan tampung sisa air minum digelas atau botol air minum mineral ke ember. Karena air itu bisa dimanfaatkan untuk mencuci baju ataupun yang lainnya,” sebut Mawar.

Dan tips yang terakhir, tambahnya, ketika pelanggan telah mencatat penggunaan air dengan seksama namun tagihan tetap membengkak, ada baiknya pelanggan melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran (kalibrasi). Jika air yang keluar lebih sedikit dari total angka yang bertambah, maka segera laporkan pada petugas PDAM. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui jika ada kesalahan yang terjadi pada PDAM atau terjadi kebocoran pada pipa.

“Mudah-mudahan tips ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi setelah kenaikan tarif dasar air nanti diberlakukan,” tutupnya. (aj)

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version
https://www.bethhavenbaptistchurch.com/ anakslot https://torontocivics.com/ http://sultansawerlogin.com slot gacor arya88 slot gacor slot raffi ahmad slot raffi ahmad 77 https://attanwirmetro.or.id/ https://attanwirmetro.or.id/dolph/asd/ https://idtrack.co.id/ https://autoglass.co.id/ slot raffi ahmad 77 https://dabindonesia.co.id/ slot gacor https://tesiskita.com/ slot raffi ahmad https://bontangpost.id/ slot raffi ahmad 77 Anakslot https://karyakreatif.co.id/ slot raffi ahmad 88 Anakslot arya88 kicautoto kicautoto slot thailand https://www.ajlagourmet.com/ kicautoto situs raffi ahmad gacor slot raffi ahmad 88 situs scatter hitam situs scatter hitam slot toto Link Gacor Hari Ini Slot Bca Situs deposit 25 ribu https://cdn.sena.co.th/ toto 4d https://www.ajlagourmet.com/-/ daftar slot gacor