Hampir Setahun Air Mengalir Tak Optimal, Pelayanan PDAM Dikeluhkan

Ilustrasi(Net)

BONTANG – Pelayanan distribusi air PDAM Tirta Taman dikeluhkan oleh warga RT 4, Gunung Elai. Ifan, salah satu warga mengatakan, selama hampir setahun ini air mengalir tidak optimal di rumahnya. Pasalnya tiga hari sekali, warga baru kebagian jatah. Itupun dengan durasi distribusi yang singkat.

“Sudah setahun seperti ini air mengalirnya singkat,” kata Ifan saat ditemui di kediamannya, Kamis (18/10).

Bahkan, waktu mengalir pun malam hari. Ifan menuturkan terkadang pukul 20.00 Wita bak mandinya baru terisi. Namun distribusi itu hanya beberapa jam saja. “Yang jelas tidak sampai pagi itu mengalirnya,” ucapnya.

Bukan itu saja, warga harus memakai pompa untuk menyedot air. Jika tidak digunakan, maka aliran air sedikit. Kondisi ini membuat beban menjadi bertambah. Mengingat ketika menggunakan pompa maka biaya tagihan listrik pun ikut meningkat.

“Terakhir saya membayar Rp 70 ribu untuk PDAM. Itu belum listriknya. Padahal kondisi air juga sering tidak mengalir,” ungkapnya.

Tak jarang pula, kualitas air keruh. Cenderung berwarna kuning. Namun, ia tetap menggunakannnya untuk mandi dan kebutuhan lainnya. Pasalnya, tidak ada sumber lain yang bisa diperoleh selain air PDAM tersebut.

Ifan berharap agar manajemen PDAM Tirta Taman segera meningkatkan pelayanannya. Termasuk pengaturan waktu agar distribusi tidak berlangsung malam hari saja.

“Karena kami juga harus istirahat. Kan tidak mungkin hanya menunggu air,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Utama PDAM Tirta Taman Suramin meminta maaf atas adanya situasi tersebut. Diakuinya terjadi penurunan pasokan air sebanyak 95 liter per detik atau setara dengan 80 ribu kubik per harinya.

Dijelaskannya, kerusakan pertama terjadi di sumur DW II Kanaan sejak Februari silam. Di mana pasokan yang dihasilkan mencapai 40 liter per detik.

“Desember baru pulih setelah ada program pembangunan dari pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang Kota (PUPRK) melalui alokasi anggaran di APBD Perubahan,” kata Suramin.

Secara beruntun, kerusakan juga menimpa di sumur Bhayangkara. Kapasitas distribusi yang berkisar 15 liter/detik ini langsung berimbas kepada pelanggan yang berada di Bontang Baru, Api-Api, dan Gunung Elai.

Tak hanya itu saja, sumur DW III Kanaan pun juga mengalami nasib serupa. Namun dua hari lalu upaya perbaikan telah selesai dilakukan oleh manajemen. Total kapasitas pasokan dari sumur ini ialah 40 liter per detik.

“Kalau DW III Kanaan baru selesai. Sebelumnya tidak bisa diangkat menggunakan alat berat. Jadi memakai manual oleh sebab itu dibutuhkan waktu lima hari penyelesaiannya,” ungkapnya.

Suramin pun telah memerintahkan kepada seluruh stafnya untuk melakukan pengecekan, kemarin malam. Termasuk ke pelanggan yang bermukim di Gunung Elai, Api-Api, dan Bontang Baru. (ak)

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version
https://www.bethhavenbaptistchurch.com/ anakslot https://torontocivics.com/ http://sultansawerlogin.com slot gacor arya88 slot gacor slot raffi ahmad slot raffi ahmad 77 https://attanwirmetro.or.id/ https://attanwirmetro.or.id/dolph/asd/ https://idtrack.co.id/ https://autoglass.co.id/ slot raffi ahmad 77 https://dabindonesia.co.id/ slot gacor https://tesiskita.com/ slot raffi ahmad https://bontangpost.id/ slot raffi ahmad 77 Anakslot https://karyakreatif.co.id/ slot raffi ahmad 88 Anakslot arya88 kicautoto kicautoto slot thailand https://www.ajlagourmet.com/ kicautoto situs raffi ahmad gacor slot raffi ahmad 88 situs scatter hitam situs scatter hitam slot toto Link Gacor Hari Ini Slot Bca Situs deposit 25 ribu https://cdn.sena.co.th/ toto 4d https://www.ajlagourmet.com/-/ daftar slot gacor