Jokowi Datang, Jalan Mendadak Mulus

bontangpost.id – Seharijalanarteri di Samarinda rupanya bisa mulus. Lubang yang berbulan-bulan menganga, kurang dari 24 jam bisa ditutup. Parkir yang semrawut dalam waktu singkat juga bisa ditata. Debu dan lumpur sisa banjir juga bisa dibereskan dengan mengerahkan armada pemadam menyemprot ruas jalan.

Pemandangan itu terlihat Senin (23/8) menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo yang akan berkunjung ke Samarinda. Dimulai dari akses Bandara APT Pranoto di Kelurahan Sungai Siring, Samarinda Utara menuju pusat kota. Warga dibuat tercengang. Jalan tiba-tiba mulus. Lubang-lubang ditambal. Aspal hitam masih tampak membekas. “Seketika mulus, ternyata bisa diperbaiki dan cepat. Anggarannya ternyata ada,” kata Muhammad Rezeki.

Selain perbaikan jalan dari Bandara APT Pranoto, pembenahan juga terlihat di area terminal Pasar Segiri, Kelurahan Sidodadi yang sebelumnya berbatu. Kawasan kumuh di daerah tersebut juga ditata. Semalam, petugas dari pemadam kebakaran diterjunkan membersihkan jalan. Jalan di kawasan ini merupakan jalur yang rencananya dilewati presiden hari ini.

Dari Bandara APT Pranoto, Joko Widodo dijadwalkan menuju SMP 22 Samarinda di Jalan Pahlawan. Kemudian, melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Kaltim di Jalan Gajah Mada. Kasatker BBPJN Wilayah II Kaltimtara Andre Sahat Tua Sirait mengatakan, memuluskan jalur Bandara APT Pranoto atau poros Bontang-Samarinda menuju jalan DI Panjaitan adalah kewenangan mereka. Setidaknya 10 lubang ditutup menggunakan aspal.

“Hanya patching (penambalan), harapannya ketika memang presiden lewat jalur tersebut nyaman dilintasi,” ucapnya kemarin. Dia menyebutkan, kegiatan tersebut masuk proyek penanganan simpang 3 Lempake-Simpang Sambera-Santan dengan skema anggaran multiyears contract (MYC) senilai Rp 283 miliar dengan masa pengerjaan 2021-2023. Diakuinya, penambalan yang dilakukan kemarin bukan pekerjaan inti sesuai kontrak, karena fokus penanganan tahun ini adalah area Desa Tanah Datar, Kabupaten Kukar. “Saat ini kami sedang membangun batching plant di dekat simpang Sambera. Nanti lubang-lubang jalan akan dicor,” sebutnya.

Sementara itu, Pemprov Kaltim melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR dan Pera) Kaltim melakukan pembenahan jalan dari Jalan HAM Rifaddin menuju Jalan Stadion Utama Palaran hingga pintu masuk area tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) segmen Kecamatan Palaran. Jalur ini juga direncanakan dilewati presiden siang ini menuju Balikpapan.

“Kami ada kegiatan peningkatan jalan yang belum tuntas karena pekerjaan per segmen, sehingga pada oprit jalan dilakukan pengaspalan agar landai sehingga nyaman dilintasi. Begitu juga menutup beberapa lubang, tetapi tidak terlalu banyak. Ini memang pekerjaan rutin juga,” kata Kepala UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Wilayah II Dinas PUPR dan Pera Kaltim Joniansyah. Harapannya, sambung dia, ketika iring-iringan kendaraan presiden melintas, bisa bermanuver lebih aman. “Itu sebelumnya banyak kendaraan yang sangkut ke saluran drainase, makanya sudah kami lebarkan,” ucapnya.

Adapun Kepala Dinas PUPR Samarinda Hero Mardanus Satyawan mengatakan, pengaspalan area terminal Pasar Segiri bertujuan untuk memoles kawasan pasar. ”Instruksi wali kota karena area itu bisa saja dilihat oleh presiden, jadi kami aspal sepenuhnya dan kendaraan bongkar muat sementara dialihkan ke bagian dalam pasar,” ucap kemarin. (dns/riz/k16)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version