“Good marketing makes the company look smart. Great marketing makes the customer feel smart.” – Joe Chernov-
Pada jaman modern saat ini, perkembangan di berbagai bidang usaha sangat cepat terjadi. Bukan hanya di bidang teknologi informasi yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat namun juga bidang usaha lainnya yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan serta kepuasan konsumen. Seiring dengan semakin meningkat serta berkembangnya dunia usaha, persaingan dalam bisnis dewasa ini juga akan semakin terus meningkat. Dengan bertambahnya pelaku bisnis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik berupa barang atau jasa, maka para pelaku bisnis memiliki tantangan untuk mendapatkan pangsa pasar yang ada. Oleh sebab itu apapun jenis usaha yang digeluti oleh pelaku bisnis, mereka dituntut untuk mengerti cara pemasaran bisnis yang baik, salah satunya yaitu dengan cara melakukan strategi pemasaran bisnis (Marketing Business Strategy).
Perencanaan strategi pemasaran bisnis memberikan dasar bagi perusahaan atau pelaku usaha (entrepreneur) untuk mengambil langkah yang efektif baik masa kini maupun di masa yang akan datang. Strategi Pemasaran menurut Stanton dalam bukunya yang berjudul “Fundamental of Marketing” strategi pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan, mendistribusikan barang, serta jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli atau konsumen potensial.
Penerapan Strategi Pemasaran Bisnis dapat dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut, segmentasi Pasar, yaitu tindakan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang dibedakan berdasarkan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan produk tertentu, penetapan Target Pasar, yaitu memilih satu atau lebih segmen yang akan dilayani, dengan merancang strategi untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat, dan diferensiasi dan Posisi Pasar, yaitu pelaku usaha harus mengembangkan produk atau jasa yang ditawarkan dipasar menjadi sebuah produk yang unik dan berbeda serta memiliki nilai lebih dibandingkan pesaingnya. Jika pelaku usaha mempunyai produk yang berbeda dengan pesaingnya tentunya konsumen mempunyai alasan yang jelas untuk membeli ataupun memilih menggunakannya.
Marketing mix adalah strategi yang mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran. Agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil yang memuaskan bagi para pelaku usaha. Adapun penjelasan kegiatan-kegiatan tersebut menurut Kotler dan Keller dalam Bukunya “Marketing Management” dijelaskan sebagai berikut, produk adalah setiap apa saja yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
Produk tidak hanya selalu berupa barang tetapi bisa juga berupa jasa ataupun gabungan dari keduanya (barang dan jasa), harga dalam menentukan harga, pelaku usaha harus menentukan harga dasar dari produknya, kemudian menentukan kebijaksanan menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos kirim dan hal-hal lain yang berhubungan dengan harga.
Setelah produk yang diproduksi siap untuk dipasarkan, maka perusahaan akan menentukan harga dari produk tersebut, promosi merupakan komponen yang dipakai untuk memberitahukan dan mempengaruhi pasar tentang suatu produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha.
Adapun kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kegiatan ini contohnya adalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, dan hubungan masyarakat. Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran disebut juga sebagai aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas pelaku usaha/perusahaan mengenai produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha tersebut, dan yang terakhir adalah tempat distribusi merupakan tempat yang menyangkut dimana pelaku usaha akan menjualnya produk yang ditawarkan. Tempat juga merupakan saluran distribusi yang dimaksudkan agar produk barang atau jasa dapat mencapai pasar yang dituju dan tepat pada waktunya.
Berdasarkan penjelasan-penjelasan tersebut, strategi Pemasaran bisnis dapat dilakukan dengan cara pertama yaitu Marketing mix, suatu kelompok komponen pemasaran yang terdiri dari 4P: product, price, place dan promotion yang saling terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen serta mencapai tujuan perusahaan atau Pelaku usaha.
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pelaku usaha dalam mempertahankan usaha atau bisnis yang dijalankannya, yang juga bertujuan mendapatkan laba yang maksimal. Berhasil atau tidaknya dalam tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun di bidang lain. Selain itu juga tergantung pada kemampuan mereka untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar bisnis dapat berjalan dengan baik.
Kedua sebelum menerapkan strategi diatas, pelaku usaha sebaiknya juga mengerti apakah produk yang ditawarkan dapat membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen. Harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya (Customer Cost). Produk tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana Kenyamanan (Convenience).
Pelaku usaha melakukan komunikasi produk kepada konsumen secara benar dan tepat sasaran (Communication). Apabila strategi pemasaran bisnis tersebut telah dilakukan oleh pelaku usaha, menurut pandangan analis eksistensi pengusaha tersebut dapat bertahan ditengah ketatnya persaingan yang terjadi diantara para pelaku bisnis. Oleh sebab itu apapun usaha yang ditekuni oleh pelaku usaha, strategi pemasaran yang handal merupakan hal yang sangat penting bagi pengembangan dan kelangsungan usaha untuk mendapatkan hasil dan laba yang maksimal. Think Hard & Work Smart. (*)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini: