Achmadi Pensiun, Jabatan Sekwan Kosong

Achmadi & Syahrun (LUKMAN/METRO SAMARINDA)

SAMARINDA – Jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) di Sekretariat DPRD Kaltim mulai besok, Kamis (1/2) akan mengalami kekosongan. Hal ini dikarenakan Achmadi, Sekwan DPRD Kaltim akan memasuki masa pensiun terhitung awal Februari besok.

Meski begitu kinerja sekretariat DPRD dipastikan tidak akan terganggu. Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun. Kata dia, setelah Achmadi pensiun, Pemprov Kaltim akan menunjuk pelaksana tugas (Plt) sementara untuk menjalankan fungsi sekwan.

“Penunjukkan Plt itu dari pemprov, dari gubernur. Karena sekretariat dewan itu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah, Red.). Pasti nanti ada (Plt) dari gubernur,” kata Syahrun kepada Metro Samarinda usai rapat paripurna DPRD Kaltim, Selasa (30/1) kemarin.

Dalam penentuan Plt ini, pemprov bisa menunjuk siapa pejabat tertinggi yang ada di sekretariat untuk menjalankan tugas sekwan. Di antaranya kepala-kepala bagian (Kabag) yang dianggap senior. Mulai dari kabag keuangan atau kabag persidangan. Dalam penunjukkan Plt ini, DPRD tidak ikut campur dan menyerahkan sepenuhnya kepada pemprov.

“Pokoknya nanti kami terima saja siapa yang diberikan pemerintah untuk menjadi Plt,” sambung pria yang akrab disapa Alung ini.

Sementara untuk penunjukkan Sekwan definitif, Syahrun masih belum mengetahui kapan akan dilakukan. Berbeda dengan penentuan Plt, DPRD Kaltim turut dilibatkan dalam memutuskan siapa yang menjabat Sekwan definitif. Dalam hal ini DPRD bakal dimintai pendapat dan rekomendasi siapa yang dianggap layak mengisi jabatan ASN tertinggi di DPRD Kaltim tersebut.

“DPRD nanti akan memberikan saran, dimintakan rekomendasinya. Nanti ada fit & proper tes dalam penentuannya,” beber Syahrun.

Sementara itu Achmadi membenarkan bila dia tidak lagi berkantor di Karang Paci, sebutan DPRD Kaltim, per 1 Februari 2017. Sebelum ditentukan siapa yang bakal mengisi posisinya secara definitif, Achmadi menyatakan akan ditunjuk Plt.

Achmadi menambahkan, sekretariat DPRD akan berjalan seperti biasanya setelah dirinya pensiun. Pun begitu, tidak ada pekerjaan-pekerjaan yang akan terganggu maupun pekerjaan-pekerjaan rumah yang masih belum diselesaikannya.

“Karena saat ini baru memasuki tahun anggaran baru. Program-program sekretariat DPRD juga baru akan berjalan,” tegas Achmadi. (luk)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version