Dapat Bantuan Program, Disnaker Buka Rekrutmen Pelatihan Kerja

Kasi Pelatihan, Produktivitas dan Pemagangan Disnaker Bontang Dony Tanjung (Arsyad/Bontangpost.id)

BONTANG – Dinas Ketenagakerjaan Bontang kembali mendapatkan bantuan program sebanyak sebelas paket, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kota Taman. Kali ini bersumber dari Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Bontang, Dony Tanjung saat ditemui di kantornya di Jalan Awang Long, Senin (26/8/2019). “BLK Samarinda perpanjangan pemerintah pusat, yang kelola dananya BLK, kami cuman pelatihan saja,” ungkapnya.

Bantuan 11 paket pelatihan ini, dijelaskannya ada beberapa macam yang dilakukan. Di antaranya pelatihan menjahit, kecantikan, tata boga, operator komputer, tata busana, administrasi perkantoran, dan otomotif roda dua. “Ini gelombang pertama 11 paket, belum tahu yang (gelombang) kedua berapa paket,” ucapnya.

Lanjut pria yang pernah bertugas di Dinas Komunikasi dan Informasi Bontang ini, Nantinya peserta pelatihan yang dapat tertampung sebanyak 176 orang. Dirincikannya dalam satu paket pelatihan tersebut masing masing 16 orang. Saat ini, yang telah memenuhi kuota ada sebanyak 6 paket pelatihan. Masih ada 6 paket lagi yang tengah proses rekrutmen. “kalau rekrumen di sini (Disnaker Bontang),” paparnya.

Bagi warga Kota Taman yang berminat mengikuti penataran tersebut, kata Dony harus memenuhi sejumlah persyaratan. Yakni harus merupakan warga Bontang dengan dibuktikan dari KTP, memiliki kartu pencari kerja (AK1), berumur maksimal 35 tahun, serta mencantumkan ijazah terakhir. “Kami mudahkan lah, kalau foto dan yang lain itu menyusul saja,” jelasnya.

Pihaknya selama ini terus gencar melakukan pendekatan dengan berbagai instansi, untuk dapat bekerjasama di bidang peningkatan SDM. Pasalnya hal itu dirasa perlu, agar warga Kota Taman dapat memiliki keahlian, serta sertifikasi yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Selain itu agar dapat bersaing dengan tenaga dari luar daerah maupun luar negeri. “Kami ini keliling mas biar orang Bontang itu dilatih,” ucapnya. (Zaenul/Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version