bontangpost.id – Hingga penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi pilihan dibuka tiga hari ini, kuota beberapa sekolah dasar (SD) masih belum terpenuhi. Berdasarkan aplikasi PPDB, tercatat lima sekolah dengan kondisi demikian. Meliputi SDN 001 Bontang Barat, SDN 002 Bontang Barat, SDN 004 Bontang Barat, SDN 008 Bontang Utara, dan SDN 010 Bontang Utara.
Kepala SDN 001 Bontang Barat Harsili Patabang mengatakan dari tiga rombel yang disedikan, baru satu terpenuhi. Total pendaftar pun masih 28 calon siswa. Padahal daya tampung di sekolah ini mencapai 96 siswa baru.
“Belum cukup ini. Sisa kuotanya masih banyak,” kata Harsili.
Saat ini, di jalur reguler, jumlah pendaftar baru 16. Dengan usia terendah yakni 6 tahun 2 bulan. Batas usia ini lebih rendah dibandingkan sekolah lain. Mengingat rata-rata ambang batas umur terendah yakni 6 tahun 7 bulan.
Kondisi ini sama dengan tahun lalu. Bahkan ketika sudah ditambah perpanjangan pendaftaran luring (offline). Kuotanya pun genap. Hingga akhir pendaftaran masih dibutuhkan 32 slot calon siswa baru.
Pada pendaftaran sistem online tahun lalu tercatat 55 anak memilih sekolah ini. Rinciannya, jalur zonasi satu 22 anak dan jalur zonasi dua 33 anak. Ketika kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dikeluarkan terkait penambahan pendaftaran offline, hanya sembilan siswa baru yang mengambil kesempatan ini.
Rencananya, pihak sekolah akan memberlakukan skema serupa. Membuka pendaftaran di luar PPDB. Bahkan ketika proses kegiatan belajar-mengajar mulai berlangsung.
“Tahun lalu ada saja orangtua yang membawa anaknya ketika sudah masuk kegiatan pembelajaran. Kanaan seperti itu kondisinya,” ucapnya.
Setiap pendaftar yang datang akan langsung diterima. Meskipun tercatat bukan dari satu zonasi. Menurutnya, skema ini diperbolehkan oleh Disdikbud. Akan tetapi, ia bakal berkoordinasi sehubungan dengan upaya ini. (*/ak/kpg)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:
Discussion about this post