Sebut Kenaikan untuk Tunjang Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas
BONTANG – Kenaikan tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Taman akan berlaku mulai bulan ini. Kenaikan akan dihitung mulai bulan Juli, dengan pembayaran pada saat bulan Agustus nanti. Hal ini dipaparkan Direktur PDAM Tirta Taman, Suramin.
“Kenaikan PDAM dilakukan secara bertahap, untuk bulan ini sebesar 20 persen. Nantinya, di akhir bulan Desember sudah mencapai 50 persen,” terangnya.
Persiapan kenaikan tarif sudah dilakukan oleh jajaran manajemen PDAM melalui sosialisasi kepada masyarakat beberapa bulan ini. Sosialisasi itu sendiri menjangkau 15 kelurahan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat terkait pelayanan PDAM.
“Dari 15 Kelurahan, semua menyetujui adanya kenaikan tarif tersebut. Mereka memahami kondisi yang terjadi setelah kami melakukan presentasi,” tambahnya.
Naiknya tarif PDAM ini bertujuan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ada tiga aspek yang menjadi acuan yakni aspek kualitas, kuantitas, dan kontinuitas (3K). Aspek kualitas bersumber kepada mutu air. Beberapa daerah yang mengeluh atas kualitas air yaitu kelurahan Kanaan dan Gunung Telihan. Di daerah tersebut kualitas air dalam kondisi kurang baik (keruh).
“Upaya peningkatan aspek ini salah satunya dengan mempercepat masa shutdown. Semula dijadwalkan selama rentan waktu lima bulan ke depan kami akan percepat selama tiga bulan,” ujarnya.
Selain aspek tersebut, sisi kuantitas juga menjadi pertimbangan PDAM. Hal ini tentunya juga erat kaitannya akan percepatan masa shutdown. Semakin cepat masa shutdown maka sisi kuantitas akan meningkat terutama dalam hal penekanan kebocoran.
Aspek terakhir yakni kontinuitas, aspek ini berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Kelurahan seperti Loktuan, Guntung dan Bontang Lestari dirasa perlu menambah SDM dikarenakan perhitungan beban operasional tiap hari.
“Kenaikan ini belum bisa menjamin peningkatan 3K, namun apabila sudah mencapai 100 persen maka insyaallah pelayanan 3K ter-cover,” paparnya.
Selain kenaikan tarif, program dari PDAM Taman Tirta periode pertengahan tahun ini ialah melayani pemasangan pelanggan baru dengan sistem kredit (cicilan). Berkaitan dengan besaran cicilan, PDAM bersifat fleksibel. Jangka waktu pendaftaran melalui program ini hingga akhir Novenber nanti.
“Segera melakukan pendaftaran dengan cara isi formulir serta membuat surat pernyataan terkait kesanggupan biaya pemasangan dan pembayaran air,” imbuhnya.
Kenaikan tarif PDAM ini sempat tertunda lantaran masyarakat menolak pada bulan Mei lalu. Beberapa aliansi masyarakat melakukan protes keras lantaran kenaikan tarif dirasa tidak tepat momennya karena menjelang hari raya Idulfitri. Oleh karena itu, Pemkot Bontang akhirnya memutuskan melakukan penundaan. (*/ak)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:
Discussion about this post