Geluti Olah Gerak sejak Muda, Kini Tekuni Yoga

Emie Pudji Rahayu (Dok Pribadi)

 

Kisah Inspiratif Warga Bontang: Emie Pudji Rahayu (190)

Dunia olah gerak sudah digeluti wanita kelahiran Kota Pahlawan ini sejak muda. Berawal dari tari-tarian, berlanjut dengan senam.

Yusva Alam, Bontang

Emie, sapaan akrabnya menuturkan, sebelum masuk ke dunia senam, ia menekuni dunia tari terlebih dahulu. Karena saat SMA dirinya menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surabaya, jurusan tari. Karenanya Ia menguasai beberapa jenis tarian, utamanya Tari Remo khas Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan tahun 1999 menjadi tahun awal dirinya mengenal dunia senam.  Saat itu, dirinya baru saja melahirkan anak keduanya. Demi menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan yang kegemukan akibat kehamilan, Emie mulai mengikuti senam di sanggar senam milik Bu Nyoman yang berlokasi di depan SMKN 1 (dahulu bernama STM Kimia).

Selang beberapa bulan kemudian, pindah ke GOR Pupuk Kaltim untuk menjadi member (anggota) senam Mbak Nur, salahsatu instruktur senam yang saat ini namanya juga masih eksis di Kota Taman. Di tempat kedua inilah, Emie memulai kariernya sebagai instruktur senam.  “Waktu itu Mbak Nur melihat potensi saya di senam. Saya dianggap sudah mampu mengajar senam,” ujarnya mengenang.

Tak lama, ia pun mendapat pengalaman pertamanya sebagai pengajar senam. Mbak Nur memberikan kesempatan padanya untuk mengajar di kawasan Badak LNG, karena saat itu Mbak Nur berhalangan hadir.  Pengalaman menjadi instruktur ini terus berlanjut di kemudian hari.

Di tahun yang sama pula dirinya membangun studio sendiri yang diberi nama Emmy Studio. Tepatnya berada di dalam rumahnya. Dibangun bersamaan membangun rumahnya yang berlokasi di Perumahan BSD.

“Saat itulah saya mulai berpikir, kalau ternyata hobi yang kita tekuni bisa juga mendatangkan uang. Akhirnya saya mulai memberanikan diri untuk menjadikan senam sebagai profesi dan mendirikan studio,” bebernya.

Awal-awal profesinya sebagai instruktur, job-job mengalir deras padanya. Studio senamnya pun terus berkembang. Ia menceritakan, saat itu dirinya bisa membuka 4-5 kelas per harinya. Satu kelas berisi kurang lebih 25 orang.

Tak hanya berhenti pada dunia mengajar, Emie terus meningkatkan kompentensinya. Dengan cara mengikuti beragam lomba dan kompetisi, serta ikut di setiap workshop senam. Baik dalam maupun luar kota. “Sebagai instruktur kan juga harus mengembangkan kemampuan. Enggak mungkin kemampuannya segitu-gitu aja,” ungkapnya.

Karenanya sampai sekarang Ia mampu mengajar senam dengan berbagai macam jenis. Mulai dari senam aerobik, body language, yoga, hingga belly dance. Namun diakuinya, saat ini lebih menekuni yoga. Karena usianya yang mulai menginjak kepala empat. “Sekarang lebih nyaman di yoga. Walaupun gerakannya slow namun hasilnya maksimal,” katanya.

Diceritakannya, senam yoga yang ditekuninya termasuk dalam yoga fitnes, yang berbeda dengan yoga mantra atau yoga-yoga lainnya yang biasa digunakan untuk ibadah maupun meditasi. Ia menekuni yoga mix. Menurutnya, yoga memang sedikit berbeda dengan senam jenis lainnya.

Karena gerakannya lebih slow. Namun begitu, gerakan yoga mampu meningkatkan stamina, pernapasan, hingga kelenturan tubuh. Yoga pun bisa dilakukan mulai anak-anak hingga usia 50-an ke atas.

Kedepannya, Ia mengaku akan terus menggeluti dunia senam yang telah membesarkan namanya ini. “Selama badan ini masih mampu dan member masih percaya dengan saya, saya akan terus menekuni senam,” tegas Emie bersemangat.

Ia pun berpesan, kepada masyarakat agar lebih pandai-pandai memilih olahraga yang akan dilakukan. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kondisi diri.

“Jangan memaksakan olahraga berat. Lebih baik olahraga ringan tapi dilakukan konsisten. Lakukan tiga kali seminggu. Setiap kali olahraga minimal 30 menit,” pesannya. (*)

Nama : Emie Pudji Rahayu

TTL   : Surabaya/ 21 Maret 1973

Suami: Agus Susanto

Sertifikasi:

Training Teacher (TTC) Yoga Mix

TTC Yoga Sparsa

TTC Yoga Prenatar

Mengikuti Yoga Bali Festival

Print Friendly, PDF & Email

Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News

Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:


Exit mobile version