Sangat normal bagi anak-anak untuk bermain game, baik pada jenis komputer dan seluler. Namun orang tua harus jeli, hal tersebut mengingat tidak semua permainan atau game adalah sama.
Untuk itu, tulisan di sebuah kotak permainan dan deskripsi online mengenai batasan usia bukanlah sebuah informasi tanpa tujuan. Agar orang tua tahu, Kaspersky membeberkan tentang bagaimana penentuan klasifikasi ini, apa saja alasan di baliknya, dan seberapa ketat batasan tersebut dalam praktiknya.
Siapakah yang Menetapkan Batasan Usia Untuk Game Video?
Terdapat sekitar dua lusin sistem peringkat usia game video yang ada di seluruh dunia. Sebagian besar negara Eropa, misalnya, mematuhi standar Pan European Game Information (PEGI), dan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, penetapan batasan dilakukan oleh Entertainment Software Rating Board (ESRB). Jerman, Rusia, Australia, dan beberapa negara lain juga menggunakan berbagai sistem klasifikasi seperti RARS untuk Rusia.
Lainnya, Jepang memiliki dua lembaga yang berwenang: Computer Entertainment Rating Organization (CERO) dan Ethi’cs Organization of Computer Software (EOCS). Untuk App Store pada Apple, mereka menggunakan sistemnya sendiri.
Sementara itu, Google Play mendukung berbagai standar regional, tetapi di sebagian besar negara menggunakan sistem International Age Rating Coalition (IARC).
Dengan kata lain, terdapat banyak peringkat game video yang berbeda, dan klasifikasi mana yang tepat untuk dijadikan pedoman sepertinya bukan terdengar hal yang mudah. Kaspersky akan kembali membahasnya, namun pertama mari kita cari tahu kategori umur apa dan bagaimana menafsirkannya.
Bagaimana menafsirkan batasan usia?
Sebagian besar sistem menunjukkan usia minimum yang disarankan menggunakan nomor yang sesuai. Tetapi tidak semua angka-angka ini dapat dipahami secara harfiah. Misalnya, peringkat Rusia 0+ kira-kira sama dengan PEGI 3 (cocok untuk segala umur). Sementara itu, sistem seperti ESRB menggunakan deskripsi alih-alih angka E atau Semua Orang atau Everyone, T, Remaja atau Teenager, dan sebagainya, tetapi setiap deskripsi sesuai dengan kelompok umur tertentu.
Dengan kata lain, tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk memberi tahu pembeli bahwa game tersebut mungkin mengandung bahasa dewasa, adegan kekerasan, dan konten yang mungkin tidak diinginkan lainnya.
Untuk membantu orang tua memutuskan, selain batasan usia itu sendiri, banyak sistem menentukan mengapa game mendapatkannya. Misalnya, ESRB menggunakan deskripsi verbal dari elemen yang dapat menyebabkan pelanggaran. Di Eropa, Korea Selatan, dan Jepang, di sisi lain, piktogram digunakan.
Di beberapa daerah, peringkat bersifat ‘memerlukan bimbingan (advisory)’ pada wilayah lain, mereka bersifat jauh lebih ketat. Di banyak negara, misalnya, adalah sebuah pelanggaran hukum untuk menjual game 18+ kepada anak di bawah umur.
Adapun mengapa batasan umur bervariasi berdasarkan sistem peringkat hal tersebut lantaran setiap negara berbeda memiliki definisi berbeda tentang apa yang termasuk konten tidak pantas. Sebagai contoh, game multipemain DayZ dilanda beberapa pembatasan ritel besar di Australia tahun lalu.
Alasannya adalah bahwa pemain bisa mendapatkan bonus untuk penggunaan narkoba. Untuk dapat menembus toko-toko di Australia, para pengembang merilis versi modifikasi permainan.
Ambil contoh lain game The Sims. Game The Sims 4 adalah contoh permainan yang diberikan klasifikasi usia yang berlawanan secara diametral pada berbagai negara dari yang paling biasa (6+) hingga yang paling ketat (18+).
Sementara sebagian besar sistem penilaian sepakat bahwa itu cocok untuk klasifikasi remaja. Di Rusia, game tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa karena permainan memungkinkan pemain untuk menciptakan pasangan sesama jenis dan bertengkar dengan kerabat. Sedangkan Jerman, misalnya, mengambil pandangan yang sama sekali berbeda, regulator Jerman menganggap The Sims, tanpa adanya kekerasan yang realistis, adalah cocok untuk orang yang lebih muda.
Situasi juga begitu beragam pada permainan anak-anak. Sebagai contoh, Pokemon Sword dan Pokemon Shield adalah cocok untuk anak-anak dari segala usia menurut ESRB, meskipun mengandung kekerasan kartun. Tetapi di Eropa dan Rusia, itu dianggap sepenuhnya tidak pantas untuk mata si kecil, PEGI menempatkan nya di peringkat usia 7 dan RARS di peringkat usia 6+.
Bagaimana memilih game yang tepat untuk anak?
Seperti yang sudah dibeberkan di atas, berbagai lembaga penentu batasan usia masih jauh dari suara bulat ketika berbicara mengenai klasifikasi game video. Namun bukan berarti Anda harus menolak sebuah judul game hanya karena anak Anda berusia lebih muda dari yang ditunjukkan pada kotak deskripsi aplikasi.
Akan lebih baik jika itu terbentuk dari opini Anda berdasarkan beberapa pertimbangan. Tidak hanya memperhatikan batasan usia, tetapi juga apa alasan sebuah game tersebut dirilis.
Jika Anda tinggal di negara yang tidak menyediakan konten dan informasi game dalam kotak deskripsi, carilah secara online. Mengetahui tentang jenis permainannya akan membantu Anda untuk memutuskan.
Bandingkan peringkat di negara Anda dengan negara lain untuk gambaran yang lebih komprehensif. Ingatlah bahwa, misalnya, kata-kata umpatan mungkin hilang dalam terjemahan, sehingga memungkinkan permainan tersebut memiliki batasan usia lebih tinggi di Negara-negara di mana pengucapan aslinya diucapkan dalam permainan.
Tontonlah trailer game di YouTube atau pada situs web pengembang permainan. Baca atau menonton beberapa ulasan online, Anda dapat menemukan blogger dan vloggers permainan video di jejaring sosial apa pun. Itu biasanya cukup untuk mendapatkan gambaran yang layak tentang seperti apa permainan tersebut.
Setelah pembelian, cobalah untuk memainkannya bersama sang buah hati. Cari tahu bagaimana cara permainan tersebut berjalan, dan bicarakan grafik, alur, serta dialog di dalamnya. Selalu dampingi buah hati ketika mereka bermain online. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gagasan yang jauh lebih baik tentang apakah itu pilihan yang tepat untuk anak Anda, sekaligus mendapatkan waktu berkualitas bersama .
Dan, agar buah hati tidak menghabiskan terlalu banyak waktu bermain gim, gunakan alat kontrol orangtua untuk menetapkan batas waktu misalnya dengan aplikasi Kaspersky Safe Kids. (jpc)
Simak berita menarik bontangpost.id lainnya di Google News
Ikuti berita-berita terkini dari bontangpost.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:
Discussion about this post